Sumber: Kemenag | FKusuma

Perkuliahan akan segera berlangsung, sebagai seorang Mahasiswa Baru atau yang sering disebut dengan Maba sudah sepatutnya untuk mengetahui jabatan-jabatan petinggi kampus. Hal ini dilakukan agar Mahasiswa tidak salah saat mengurus keperluan seputar perkuliahan.

Istilah seperti Rektor, Dekan, Kajur, Kaprodi, Dosen PA dan lain-lain sering kali berseliweran dalam beberapa laman pendafaran Mahasiswa Baru. Jadi, sangat penting untuk mengetahui dan mengingat jabatan penting lainnya yang ada di kampus.

Jabatan-Jabatan yang ada di kampus yaitu:

1. Rektor
Rektor adalah pimpinan tertinggi kampus. Istilah rektor tidak hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi juga negara lain. Rektorat merupakan sebutan bagi kantor Rektor di perguruan tinggi. Rektor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya adalah Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. Beliau juga didampingi oleh para Wakil Rektor yaitu, Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag., Wakil Rektor I, Dr. H. Sardimi, M.Ag., Wakil Rektor II dan Dr. Sadiani, M.H., Wakil Rektor III. Kalian bisa mengenal profil Rektor dan Wakil Rektor melalui situs resmi IAIN Palangka Raya.

2. Dekan
Dekan adalah pimpinan tertinggi di Fakultas. Seperti halnya Wakil rektor, maka terdapat juga Wakil Dekan. Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya adalah Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd, Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Nurul Wahdah, M.Pd., Wakil Dekan bidang AUPK, Dr. Hj. Wahidah, M.A., dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Asmawati, M.Pd.

3. Ketua Jurusan (Kajur)
Ketua Jurusan atau disingkat dengan Kajur bertanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi di jurusan dan program studi. Prodi Pendidikan Agama Islam yang bernaung dibawah jurusan Tarbiyah, diketuai oleh, Sri Hidayati, M.A

4. Ketua Program Studi (Kaprodi)
Kaprodi adalah pimpinan tertinggi dalam struktur program studi dan bertanggung jawab untuk penyelenggaraan program studi yang dipimpin. Kaprodi Prodi PAI yaitu Drs. Asmail Azmy, HB, M.Fil.I

5. Dosen PA
Dosen Pembimbing Akademik disingkat Dosen PA merupakan dosen yang akan menjadi tempat berkonsultasi bagi Mahasiswa. Dosen PA disetiap Mahasiswa dapat dilihat dalam laman Sistem Informasi Akademik (SIMAK)

Sumber: http://ftik.iain-palangkaraya.ac.id/struktur-organisasi/

Selain jabatan, terdapat juga istilah-istilah lain dalam dunia perkuliahan yang harus kalian ketahui loh... Sebagai Mahasiswa Baru yang haus akan pengetahuan dan informasi kampus yang kalian pilih untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, kiranya penting untuk mencari tahu lebih lanjut perihal tersebut. (End) 

Untuk lebih jelasnya, yuk kunjungi laman berikut. Silahkan Klik Disini !