About Me

Mahasiswa PAI Jadi Peserta Webinar DEMA Institut Bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Kalimantan Tengah

Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Palangka Raya pada Kamis 25 Maret 2021, mengadakan webinar dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Menanamkan Kesetaraan Gender”. Bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Kalimantan Tengah, pemateri webinar ini adalah Ibu Eni Priatminingsi. SH, kepala seksi pelembagaan pengarusutamaan gender.


Webinar yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB melalui Google Meet ini diikuti oleh hampir seluruh kalangan mahasiswa, termasuk dari prodi PAI. Saudari Laila Anggaraini (Angkatan 2018) selaku ketua bidang pemberdayaan perempuan DEMA Institut IAIN Palangka Raya, bertindak sebagai moderator dalam webinar ini.

“Kami diberikan penjelasan mengenai peran mahasiswa dalam menanamkan kesetaraan gender di Kalteng, juga isu-isu terkait. Beliau juga membahas tentang keperempuanan secara khusus. Apalagi banyak dari kita yang tidak memahami definisi gender itu sendiri. Webinar ini sebagai acuan bahwa problematika gender bukanlah tonggak sebagai pembeda. Asumsi-asumsi di luar sana tentang yang menganggap perempuan sebagai seorang yang lemah, namun dengan adanya kesetaraan gender ini kita akan tahu bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak diskriminatif berdasarkan identitas gender mereka yang bersifat kodrati.” Kata Saudari Siti Munawarah (Angkatan 2018) berbagi pengalaman setelah menjadi peserta webinar.

Pembahasan mengenai gender yang disampaikan dalam webinar ini tentunya menambah wawasan khususnya bagi mahasiswa. Sehingga tidak ada lagi isu-isu seputar diskriminatif antar mahasiswa dan mahasiswi akibat identitas perbedaan kodrati yang sudah dimiliki. Perbedaan yang terjadi dikalangan mahasiswa hendaknya menjadi patokan untuk menjaga persatuan serta menanamkan nilai positif dalam berakhlakul karima.

Posting Komentar

9 Komentar