A.
Profil Lulusan Program Studi PAI
No |
Profil
Lulusan |
Deskripsi
Profil Lulusan |
1 |
Pendidik/
Praktisi |
Sarjana pendidikan yang
memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan
tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam pada sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) dan rumpun bidang mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di madrasah (MTs, MA/MAK) yang
berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta
mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika
keislaman, keilmuan dan keahlian. |
2 |
Asisten
Peneliti |
Sarjana
pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan
manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang
Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan
mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab |
3 |
Pengembang
Bahan |
Sarjana
pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan
manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang
Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK)
yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta
mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika
keislaman, keilmuan dan keahlian. |
CP Unsur Pengetahuan Program Studi PAI
Profil
Lulusan |
CP
Unsur Pengetahuan |
Pendidik/Praktisi |
1. Menguasai konsep-konsep teoritis
dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam
pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar
kompetensi yang ditetapkan. 2. Menguasai substansi kajian keilmuan
Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan
Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk
membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. 3. Menguasai
teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan
mengimplementasikannya secara procedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di sekolah/madrasah. 4. Menguasai konsep
integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah. 5.
Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka
menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan
perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah |
Rumusan CP Unsur
pengetahuan di atas merupakan penjabaran dari rumusan unsur pengetahuan pada
KKNI level 6, yaitu: “Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan
tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan
tersebut secara mendalam, serta mampu
memformulasikan penyelesaian masalah prosedural”. Adapun rumusan lengkap
mengenai CP yang mencakup unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan
keterampilan khusus, dapat dicontohkan sebagai berikut:
UNSUR
SIKAP |
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata
Nilai 1.
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukkan sikap religius; 2.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; 3.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila; 4.
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta
tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan
bangsa; 5.
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,
dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain; 6.
Bekerja sama dan memiliki
kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 7.
Taat hukum dan disiplin dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 8.
Menginternalisasi nilai, norma,
dan etika akademik; 9.
Menunjukkan sikap
bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 10.
Menginternalisasi semangat
kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; 11.
Memahami dirinya secara utuh
sebagai Sarjana Pendidikan; 12.
Mampu beradaptasi, bekerja sama,
berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan
pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya
sebagai warga dunia; dan 13.
Memiliki integritas akademik,
antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya
pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme. 14.
Menampilkan diri sebagai pribadi
yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self-direction), secara baik dan penuh inisitaif
di tempat tugas; 15.
Bersikap inklusif, bertindak
obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin,
agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; 16.
Menunjukkan etos kerja, tanggung
jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan
agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah (SD/SMP/MTs/
SMA/MA/SMK/MAK); 17.
Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang
pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah
(SD/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK); 18.
Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan
inovasi dalam pembelajaran bidang pendidikan agama Islam pada satuan
pendidikan sekolah/ madrasah (SD/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK) |
UNSUR PENGETAHUAN |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan 1.
Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila,
kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; 2.
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam
menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan
dunia kerja; 3.
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi
baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam
perkembangan dunia akademik dan dunia kerja; 4.
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam
mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta
memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat
individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; 5.
Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai
agama rahmatan lil ‘alamin 6.
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi
keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; 7.
Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam
upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan
etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global. 8.
Menguasai secara mendalam karakteristik peserta
didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan
pembelajaran; 9.
Memberikan layanan pembelajaran PAI (Pendidikan
Agama Islam) yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan
karakteristiknya; 10.
Memfasilitasi pengembangan potensi relegius peserta
didik secara optimal; 11.
Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis,
sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam); 12.
Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis
psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran PAI
(Pendidikan Agama Islam); 13.
Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAI
(Pendidikan Agama Islam); 14.
Memilih secara adekuat pendekatan dan model
pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran PAI; 15.
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran
dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam); 16.
Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran
berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar PAI (Pendidikan
Agama Islam); 17.
Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan
penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI
(Pendidikan Agama Islam); 18.
Melakukan pendalaman bidang kajian PAI (Pendidikan
Agama Islam) sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman. 19.
Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan
keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI
(Pendidikan Agama Islam); 20.
Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran PAI
(Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum
tingkat satuan pendidikan; 21.
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi,
struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an-Hadits sebagai sub keilmuan dari
PAI (Pendidikan Agama Islam); 22.
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi,
struktur, dan pola pikir keilmuan Akidah-Akhlak sebagai sub keilmuan dari PAI
(Pendidikan Agama Islam); 23.
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi,
struktur, dan pola pikir keilmuan Sejarah Kebudayaan Islam sebagai sub
keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam); 24.
Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi,
struktur, dan pola pikir keilmuan Ushul Fikih-Fikih sebagai sub keilmuan dari
PAI (Pendidikan Agama Islam); 25.
Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka
pengembangan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang kreatif dan
inovatif; 26.
Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk
memposisikan dan mengembangkan PAI (Pendidikan Agama Islam) sebagai ibu dalam
pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah |
UNSUR KETERAMPILAN UMUM |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum 1.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
yang sesuai dengan bidang keahliannya. 2.
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan
terukur sebagai pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar PAI. 3.
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan
etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik
seni, 4.
Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya
dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman
perguruan tinggi 5.
Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam
konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis
informasi dan data. 6.
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja
dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar
lembaganya. 7.
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja
kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. 8.
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap
kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola
pembelajaran secara mandiri. 9.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan,
dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi. 10. Menunjukkan kemampuan literasi
informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja; 11. Mampu berkomunikasi baik lisan
maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan
dunia akademik dan dunia kerja; 12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan
kemampuan kreatif (creativity
skill), inovatif (innovation
skill), berpikir kritis (critical
thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan
pelaksanaan tugas di dunia kerja: 13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu
tajwid. 14. Mampu menghafal dan memahami isi
kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma). 15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual
keagamaan dengan baik. |
UNSUR KETERAMPILAN KHUSUS |
Deskripsi
Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus 1.
Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di sekolah/ madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip
dalam pengembangan kurikulum; 2.
Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah secara baik dan tepat; 3.
Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar
pembelajaran Pendidikan Agama Islam; 4.
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik,
kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah; 5.
Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk
publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal
bereputasi; 6.
Menerapkan
pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan
keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna
untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah; 7.
Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan
peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan
nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat; 8.
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat; 9.
Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan
hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu
memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran; 10.
Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan
prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
sekolah/ madrasah; 11.
Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan
keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam
kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar; 12. Mampu menghafal
ayat-ayat al-Qur’an dan hadis -hadis pendidikan. |
A. PENETAPAN NAMA, KODE DAN
BOBOT SKS MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KOMPONEN |
NO |
MATA KULIAH |
KODE MK |
SKS |
|
INS |
1 |
Bahasa
Indonesia |
00.00.0.1 |
2 |
|
2 |
Pancasila |
00.00.0.2 |
2 |
||
3 |
Kewarganegaraan
dan Moderasi Beragama |
00.00.0.3 |
3 |
||
4 |
Studi
Agama Kontemporer |
00.00.0.4 |
2 |
||
JUMLAH SKS |
9 |
||||
TIK |
1 |
Akhlak
Tasawuf |
01.00.2.01 |
2 |
|
2 |
Teologi
Islam |
01.00.2.02 |
2 |
||
3 |
Filsafat
Ilmu |
01.00.1.03 |
2 |
||
4 |
Fiqih |
01.00.1.04 |
2 |
||
5 |
Teknologi
Informasi Komunikasi (TIK) |
01.00.1.05 |
2 |
||
6 |
Ulumul
Qur’an |
01.00.1.06 |
2 |
||
7 |
Ulumul
Hadits |
01.00.2.07 |
2 |
||
8 |
Metodologi
Studi Islam |
01.00.1.08 |
2 |
||
9 |
Sejarah
Peradaban Islam |
01.00.1.09 |
2 |
||
10 |
Praktik
Membaca Al-Qur’an (PMQ) |
01.00.2.10 |
2 |
||
11 |
Praktik
Pengamalan Ibadah (PPI) |
01.00.2.11 |
2 |
||
12 |
Pendidikan
Kepramukaan |
01.00.0.12 |
2 |
||
13 |
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) |
01.00.1.13 |
4 |
||
JUMLAH SKS |
28 |
||||
PAI |
1 |
Ilmu
Pendidikan Islam |
01.01.1.01 |
2 |
|
2 |
Psikologi
Pendidikan |
01.01.1.02 |
2 |
||
3 |
Landasan
Pembelajaran |
01.01.1.03 |
2 |
||
4 |
Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam |
01.01.1.04 |
2 |
||
5 |
Psikologi
Perkembangan Peserta Didik |
01.01.2.05 |
2 |
||
6 |
Filsafat
Pendidikan Islam |
01.01.2.06 |
2 |
||
7 |
Pendidikan
Kewirausahaan |
01.01.2.07 |
2 |
||
8 |
Ushul
Fiqih |
01.01.2.08 |
2 |
||
9 |
Masailul
Fiqih |
01.01.2.09 |
2 |
||
10 |
Tafsir
dan Hadits Tarbawi |
01.01.1.10 |
3 |
||
11 |
English
for Islamic Studies |
01.01.2.11 |
2 |
||
12 |
Arabic
for Islamic Studies |
01.01.1.12 |
2 |
||
13 |
Teknologi
Pembelajaran PAI |
01.01.1.13 |
2 |
||
14 |
Pengembangan
Kurikulum PAI |
01.01.1.14 |
3 |
||
15 |
Perencanaan
Pembelajaran PAI |
01.01.1.15 |
3 |
||
16 |
Strategi
Pembelajaran PAI |
01.01.2.16 |
3 |
||
17 |
Media
dan Sumber Belajar PAI |
01.01.2.17 |
3 |
||
18 |
Evaluasi
Pembelajaran PAI |
01.01.1.18 |
3 |
||
19 |
Pembelajaran
Qur’an Hadits MTs/MA |
01.01.2.19 |
3 |
||
20 |
Pembelajaran
Fikih MTs/MA |
01.01.2.20 |
3 |
||
21 |
Pembelajaran
Akidah Akhlak MTs/MA |
01.01.1.21 |
3 |
||
22 |
Pembelajaran
SKI MTs/MA |
01.01.1.22 |
3 |
||
23 |
Kajian
Materi dan Pembelajaran PAI SD/SMP |
01.01.2.23 |
3 |
||
24 |
Kajian
Materi dan Pembelajaran PAI SMA |
01.01.2.24 |
3 |
||
25 |
Metodologi
Penelitian |
01.01.1.25 |
3 |
||
26 |
Metodologi
Penelitian Tidakan Kelas dan Pengembangan |
01.01.2.26 |
3 |
||
27 |
Statistik
Pendidikan |
01.01.1.27 |
2 |
||
28 |
Pengembangan
Media dan Bahan Ajar PAI |
01.01.2.28 |
3 |
||
29 |
Inovasi
Pembelajaran PAI Berbasis TI |
01.01.1.29 |
3 |
||
30 |
Videografi
Dalam Pembelajaran PAI |
01.01.1.30 |
3 |
||
31 |
Bimbingan
dan Konseling Islam |
01.01.2.31 |
2 |
||
32 |
Profesi
Keguruan |
01.01.2.32 |
2 |
||
33 |
Praktik
Administrasi Pendidikan (PAK) |
01.01.2.33 |
2 |
||
34 |
Seminar
Proposal |
01.01.1.34 |
2 |
||
35 |
PPL
I |
01.01.2.35 |
2 |
||
36 |
PPL
II |
01.01.2.36 |
4 |
||
37 |
Tugas
Akhir |
01.01.1.37 |
6 |
||
JUMLAH SKS |
97 |
||||
PAIP |
38 |
Reading Text* |
01.01.2.38 |
2 |
|
39 |
Qiraatul Qutub* |
01.01.2.39 |
2 |
||
40 |
Khat Imlak* |
01.01.2.40 |
2 |
||
41 |
Metode Iqro* |
01.01.2.41 |
2 |
||
42 |
Penulisan Artikel Jurnal* |
01.01.2.42 |
2 |
||
43 |
Pendidikan Karakter* |
01.01.2.43 |
2 |
||
44 |
Pendidikan Multikultural* |
01.01.2.44 |
2 |
||
45 |
Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam* |
01.01.2.45 |
2 |
||
46 |
Psikologi
Agama* |
01.01.2.46 |
2 |
||
|
47 |
Kepemimpinan
dalam Islam* |
01.01.2.47 |
2 |
|
|
Jumlah |
20 |
|||
*mata
kuliah pilihan (wajib dipilih 12 sks)
B. STRUKTUR KURIKULUM DAN
DISTRIBUSI MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
1.
Struktur
Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam
KELOMPOK |
SKS |
PERSENTASI |
Mata Kuliah Wajib Institut (INS) |
9 |
6,16 |
Mata Kuliah Wajib Fakultas (TIK) |
28 |
19,18 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi (PAI) |
97 |
66,44 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi (PAIP)* |
12 |
8,22 |
JUMLAH
TOTAL |
146 |
100 |
*mata kuliah pilihan 12 SKS
2.
Distribusi
Mata Kuliah
Semester I |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
00.00.0.1 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
|
2 |
00.00.0.2 |
Pancasila |
2 |
|
|
3 |
01.00.1.03 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
|
4 |
01.00.1.04 |
Fiqih |
2 |
|
|
5 |
01.00.1.05 |
Teknologi Informasi Komunikasi
(TIK) |
2 |
|
|
6 |
01.00.1.06 |
Ulumul Qur’an |
2 |
|
|
7 |
01.01.1.01 |
Ilmu Pendidikan Islam |
2 |
|
|
8 |
01.01.1.02 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
9 |
01.01.1.03 |
Landasan Pendidikan |
2 |
|
|
10 |
01.01.1.04 |
Administrasi dan Manajemen
Pendidikan Islam |
2 |
|
|
JUMLAH |
20 |
|
|||
Semester II |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
01.00.2.01 |
Akhlak Tasawuf |
2 |
|
|
2 |
01.00.2.02 |
Teologi Islam |
2 |
|
|
3 |
01.00.2.07 |
Ulumul Hadits |
2 |
|
|
4 |
01.00.2.10 |
Praktik Membaca Al-Qur’an (PMQ) |
2 |
BMQ |
|
5 |
01.00.2.12 |
Pendidikan Kepramukaan |
2 |
|
|
6 |
01.01.2.05 |
Psikologi Perkembangan Peserta
Didik |
2 |
Psikologi Pendidikan |
|
7 |
01.01.2.06 |
Filsafat Pendidikan Islam |
2 |
Filsafat Ilmu |
|
8 |
01.01.2.07 |
Pendidikan Kewirausahaan |
2 |
|
|
9 |
01.01.2.08 |
Ushul Fikih |
2 |
|
|
10 |
01.01.2.11 |
English For Islamic Studies |
2 |
|
|
JUMLAH |
20 |
|
|||
Semester III |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
00.00.0.3 |
Kewarganegaraan dan Moderasi
Beragama |
3 |
|
|
2 |
00.00.0.4 |
Studi Agama Kontemporer |
2 |
|
|
3 |
01.00.1.10 |
Metodologi Studi Islam |
2 |
|
|
4 |
01.00.1.11 |
Sejarah Peradaban Islam |
2 |
|
|
5 |
01.01.1.09 |
Masailul Fikih |
2 |
Fiqih |
|
6 |
01.01.1.10 |
Tafsir dan Hadits Tarbawi |
3 |
Ulumul Hadits |
|
7 |
01.01.1.12 |
Arabic For Islamic Studies |
2 |
|
|
8 |
01.01.1.13 |
Teknologi Pembelajaran PAI |
2 |
|
|
9 |
01.01.1.14 |
Pengembangan Kurikulum PAI |
3 |
Administrasi …….. |
|
10 |
01.01.1.15 |
Perencanaan Pembelajaran PAI |
3 |
Landasan Pendidikan |
|
JUMLAH |
24 |
|
|||
Semester IV |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
01.01.2.28 |
Statistik Pendidikan |
2 |
Metodologi Penelitian |
|
2 |
01.00.2.19 |
Praktik Pengamalan Ibadah (PPI) |
2 |
PMQ |
|
3 |
01.01.2.16 |
Strategi Pembelajaran PAI |
3 |
Perencanaan Kurikulum |
|
4 |
01.01.2.17 |
Media dan Sumber Belajar PAI |
3 |
Teknologi Pembelajaran PAI |
|
5 |
01.01.2.19 |
Pembelajaran Qur’an Hadits
MTs/MA |
3 |
Ulmul Qur’an/ Tafsir dan Hadits
Tarbawi |
|
6 |
01.01.2.20 |
Pembelajaran Fikih MTs/MA |
3 |
Fikih dan Ushul Fikih |
|
7 |
01.01.2.23 |
Kajian Materi dan Pembelajaran
PAI SD/SMP |
3 |
|
|
8 |
01.01.2.26 |
Metodologi Penelitian |
3 |
|
|
9 |
01.01.2.32 |
Bimbingan Konseling Islam |
2 |
Psikologi Pendidikan/PPPD |
|
JUMLAH |
24 |
|
|||
Semester V |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
01.01.1.18 |
Evaluasi Pembelajaran PAI |
3 |
Perencanaan, Strategi, Media |
|
2 |
01.01.1.21 |
Pembelajaran Akidah Akhlak MTs/MA |
3 |
Akhlak Tasawuf |
|
3 |
01.01.1.22 |
Pembelajaran SKI MTs/MA |
3 |
Sejarah Peradaban Islam |
|
4 |
01.01.1.24 |
Kajian Materi dan Pembelajaran
PAI SMA |
3 |
Kajian Materi SD/SMP |
|
5 |
01.01.1.26 |
Metodologi Penelitian Tidakan
Kelas dan Pengembangan |
3 |
Metodologi Penelitian |
|
6 |
01.01.1.28 |
Pengembangan Media dan Bahan
Ajar PAI |
3 |
Media dan Sumber Pembelajaran
PAI |
|
7 |
01.01.1.29 |
Inovasi Pembelajaran PAI
Berbasis TI |
3 |
|
|
9 |
01.01.1.33 |
Praktik Administrasi Pendidikan |
2 |
Perencanaan, Strategi, Media dan
Sumber |
|
JUMLAH |
23 |
|
|||
Semester VI |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
01.01.2.30 |
Videografi Dalam Pembelajaran
PAI |
3 |
|
|
2 |
01.01.2.34 |
Seminar Proposal |
2 |
Metodologi Penelitian |
|
3 |
01.01.2.32 |
Profesi Keguruan |
2 |
|
|
4 |
01.01.2.35 |
PPL I |
2 |
|
|
5 |
01.01.2.38 |
Reading Text* |
2 |
Hanya 12 SKS yang bisa
diprogramkan |
|
6 |
01.01.2.39 |
Qiraatul Qutub* |
2 |
||
7 |
01.01.2.40 |
Khat Imlak* |
2 |
||
8 |
01.01.2.41 |
Metode Iqro* |
2 |
||
9 |
01.01.2.42 |
Penulisan Artikel Jurnal* |
2 |
||
10 |
01.01.2.43 |
Pendidikan Karakter* |
2 |
||
11 |
01.01.2.44 |
Pendidikan Multikultural* |
2 |
||
12 |
01.01.2.45 |
Isu-Isu Kontemporer Pendidikan
Islam* |
2 |
||
13 |
01.01.2.46 |
Psikologi Agama* |
2 |
||
14 |
01.01.2.47 |
Kepemimpinan dalam Islam* |
2 |
||
JUMLAH |
21 |
|
|||
*Mata Kuliah pilihan wajib diambil 12 (duabelas) SKS |
|||||
Semester VII |
|||||
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
PRASYARAT |
|
1 |
01.00.1.13 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
4 |
PPI |
|
2 |
01.01.1.36 |
PPL II |
4 |
PPL I |
|
3 |
01.01.0.37 |
Tugas Akhir |
6 |
Seminar Proposal |
|
JUMLAH |
14 |
|
|||
REKAPITULASI SKS PER-SEMESTER
SEMESTER |
SKS |
PERSENTASI |
I |
20 |
13,70 |
II |
20 |
13,70 |
III |
24 |
16,44 |
IV |
24 |
16,44 |
V |
23 |
15,75 |
VI |
21 |
14,4 |
VII |
14 |
9,57 |
|
146 |
100 |
0 Komentar