About Me

Profil Lulusan Prodi PAI

A.    Profil Lulusan Program Studi PAI

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1

Pendidik/ Praktisi
Pendidikan

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) dan rumpun bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di  madrasah (MTs, MA/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

2

Asisten Peneliti
Pendidikan

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Pendidikan Agama Islam yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab
berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

3

Pengembang Bahan
Ajar

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

 

 

 

 

 

 

 

 

CP Unsur Pengetahuan Program Studi PAI

Profil Lulusan

CP Unsur Pengetahuan

Pendidik/Praktisi
Pendidikan

1.      Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.

2.      Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

3.      Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara procedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

4.      Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.

5.      Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah

Rumusan CP Unsur pengetahuan di atas merupakan penjabaran dari rumusan unsur pengetahuan pada KKNI level 6, yaitu: “Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu  memformulasikan penyelesaian masalah prosedural”. Adapun rumusan lengkap mengenai CP yang mencakup unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus, dapat dicontohkan sebagai berikut:

UNSUR SIKAP

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai

1.            Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.            Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.            Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.            Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

5.            Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan  kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.            Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.            Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.            Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.            Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

11.        Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;

12.        Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan

13.        Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.

14.        Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self-direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;

15.        Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

16.        Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah (SD/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK);

17.        Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK);

18.        Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah (SD/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK)

UNSUR PENGETAHUAN

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

1.            Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

2.            Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

3.            Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

4.            Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

5.            Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

6.            Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

7.            Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.

8.            Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

9.            Memberikan layanan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;

10.        Memfasilitasi pengembangan potensi relegius peserta didik secara optimal;

11.        Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

12.        Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

13.        Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

14.        Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran PAI;

15.        Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

16.        Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar PAI (Pendidikan Agama Islam);

17.        Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

18.        Melakukan pendalaman bidang kajian PAI (Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.

19.        Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);

20.        Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

21.        Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an-Hadits sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);

22.        Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Akidah-Akhlak sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);

23.        Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Sejarah Kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);

24.        Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Ushul Fikih-Fikih sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);

25.        Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang kreatif dan inovatif;

26.        Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan PAI (Pendidikan Agama Islam) sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah

UNSUR KETERAMPILAN UMUM

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

1.         Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.         Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur sebagai pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar PAI.

3.         Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

4.         Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5.         Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6.         Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7.         Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8.         Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

10.     Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

11.     Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

12.     Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:

13.     Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid.

14.     Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma).

15.     Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

UNSUR KETERAMPILAN KHUSUS

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus

1.           Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;

2.           Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah secara baik dan tepat;

3.           Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

4.           Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah;

5.           Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi;

6.           Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;

7.           Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;

8.           Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat;

9.           Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;

10.       Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di  sekolah/ madrasah;

11.       Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;

12.       Mampu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dan hadis -hadis pendidikan.

 

 

 

A.  PENETAPAN NAMA, KODE DAN BOBOT SKS MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KOMPONEN

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

INS

1

Bahasa Indonesia

00.00.0.1

2

2

Pancasila

00.00.0.2

2

3

Kewarganegaraan dan Moderasi Beragama

00.00.0.3

3

4

Studi Agama Kontemporer

00.00.0.4

2

JUMLAH SKS

9

TIK

1

Akhlak Tasawuf

01.00.2.01

2

2

Teologi Islam

01.00.2.02

2

3

Filsafat Ilmu

01.00.1.03

2

4

Fiqih

01.00.1.04

2

5

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

01.00.1.05

2

6

Ulumul Qur’an

01.00.1.06

2

7

Ulumul Hadits

01.00.2.07

2

8

Metodologi Studi Islam

01.00.1.08

2

9

Sejarah Peradaban Islam

01.00.1.09

2

10

Praktik Membaca Al-Qur’an (PMQ)

01.00.2.10

2

11

Praktik Pengamalan Ibadah (PPI)

01.00.2.11

2

12

Pendidikan Kepramukaan

01.00.0.12

2

13

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

01.00.1.13

4

JUMLAH SKS

28

 PAI

1

Ilmu Pendidikan Islam

01.01.1.01

2

2

Psikologi Pendidikan

01.01.1.02

2

3

Landasan Pembelajaran

01.01.1.03

2

4

Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam

01.01.1.04

2

5

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

01.01.2.05

2

6

Filsafat Pendidikan Islam

01.01.2.06

2

7

Pendidikan Kewirausahaan 

01.01.2.07

2

8

Ushul Fiqih

01.01.2.08

2

9

Masailul Fiqih

01.01.2.09

2

10

Tafsir dan Hadits Tarbawi

01.01.1.10

3

11

English for Islamic Studies

01.01.2.11

2

12

Arabic for Islamic Studies

01.01.1.12

2

13

Teknologi Pembelajaran PAI

01.01.1.13

2

14

Pengembangan Kurikulum PAI

01.01.1.14

3

15

Perencanaan Pembelajaran PAI

01.01.1.15

3

16

Strategi Pembelajaran PAI

01.01.2.16

3

17

Media dan Sumber Belajar PAI

01.01.2.17

3

18

Evaluasi Pembelajaran PAI

01.01.1.18

3

19

Pembelajaran Qur’an Hadits MTs/MA

01.01.2.19

3

20

Pembelajaran Fikih MTs/MA

01.01.2.20

3

21

Pembelajaran Akidah Akhlak MTs/MA

01.01.1.21

3

22

Pembelajaran SKI MTs/MA

01.01.1.22

3

23

Kajian Materi dan Pembelajaran PAI SD/SMP

01.01.2.23

3

24

Kajian Materi dan Pembelajaran PAI SMA

01.01.2.24

3

25

Metodologi Penelitian

01.01.1.25

3

26

Metodologi Penelitian Tidakan Kelas dan Pengembangan

01.01.2.26

3

27

Statistik Pendidikan

01.01.1.27

2

28

Pengembangan Media dan Bahan Ajar PAI

01.01.2.28

3

29

Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis TI

01.01.1.29

3

30

Videografi Dalam Pembelajaran PAI

01.01.1.30

3

31

Bimbingan dan Konseling Islam

01.01.2.31

2

32

Profesi Keguruan

01.01.2.32

2

33

Praktik Administrasi Pendidikan (PAK)

01.01.2.33

2

34

Seminar Proposal

01.01.1.34

2

35

PPL I

01.01.2.35

2

36

PPL II

01.01.2.36

4

37

Tugas Akhir

 01.01.1.37

6

JUMLAH SKS

97

PAIP

38

Reading Text*

01.01.2.38

2

39

Qiraatul Qutub*

01.01.2.39

2

40

Khat Imlak*

01.01.2.40

2

41

Metode Iqro*

01.01.2.41

2

42

Penulisan Artikel Jurnal*

01.01.2.42

2

43

Pendidikan Karakter*

01.01.2.43

2

44

Pendidikan Multikultural*

01.01.2.44

2

45

Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam*

01.01.2.45

2

46

Psikologi Agama*

01.01.2.46

2

 

47

Kepemimpinan dalam Islam*

01.01.2.47

2

 

Jumlah

20

 

*mata kuliah pilihan (wajib dipilih 12 sks)

 

B.  STRUKTUR KURIKULUM DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

1.    Struktur Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam

KELOMPOK

SKS

PERSENTASI

Mata Kuliah Wajib Institut (INS)

9

6,16

Mata Kuliah Wajib Fakultas (TIK)

28

19,18

Mata Kuliah Wajib Program Studi (PAI)

97

66,44

Mata Kuliah Pilihan Program Studi (PAIP)*

12

8,22

JUMLAH TOTAL

146

         100

       *mata kuliah pilihan 12 SKS

 

2.    Distribusi Mata Kuliah

Semester I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

00.00.0.1

Bahasa Indonesia

2

 

2

00.00.0.2

Pancasila

2

 

3

01.00.1.03

Filsafat Ilmu

2

 

4

01.00.1.04

Fiqih

2

 

5

01.00.1.05

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

2

 

6

01.00.1.06

Ulumul Qur’an

2

 

7

01.01.1.01

Ilmu Pendidikan Islam

2

 

8

01.01.1.02

Psikologi Pendidikan

2

 

9

01.01.1.03

Landasan Pendidikan

2

 

10

01.01.1.04

Administrasi dan Manajemen Pendidikan Islam

2

 

JUMLAH

20

 

Semester II

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

01.00.2.01

Akhlak Tasawuf

2

 

2

01.00.2.02

Teologi Islam

2

 

3

01.00.2.07

Ulumul Hadits

2

 

4

01.00.2.10

Praktik Membaca Al-Qur’an (PMQ)

2

BMQ

5

01.00.2.12

Pendidikan Kepramukaan

2

 

6

01.01.2.05

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

2

Psikologi Pendidikan

7

01.01.2.06

Filsafat Pendidikan Islam

2

Filsafat Ilmu

8

01.01.2.07

Pendidikan Kewirausahaan 

2

 

9

01.01.2.08

Ushul Fikih

2

 

10

01.01.2.11

English For Islamic Studies

2

 

JUMLAH

20

 

 

 

 

 

Semester III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

00.00.0.3

Kewarganegaraan dan Moderasi Beragama

3

 

2

00.00.0.4

Studi Agama Kontemporer

2

 

3

01.00.1.10

Metodologi Studi Islam

2

 

4

01.00.1.11

Sejarah Peradaban Islam

2

 

5

01.01.1.09

Masailul Fikih

2

Fiqih

6

01.01.1.10

Tafsir dan Hadits Tarbawi

3

Ulumul Hadits

7

01.01.1.12

Arabic For Islamic Studies

2

 

8

01.01.1.13

Teknologi Pembelajaran PAI

2

 

9

01.01.1.14

Pengembangan Kurikulum PAI

3

Administrasi ……..

10

01.01.1.15

Perencanaan Pembelajaran PAI

3

Landasan Pendidikan

JUMLAH

24

 

Semester IV

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

 01.01.2.28

Statistik Pendidikan

2

Metodologi Penelitian

2

01.00.2.19

Praktik Pengamalan Ibadah (PPI)

2

PMQ

3

01.01.2.16

Strategi Pembelajaran PAI

3

Perencanaan Kurikulum

4

01.01.2.17

Media dan Sumber Belajar PAI

3

Teknologi Pembelajaran PAI

5

01.01.2.19

Pembelajaran Qur’an Hadits MTs/MA

3

Ulmul Qur’an/ Tafsir dan Hadits Tarbawi

6

01.01.2.20

Pembelajaran Fikih MTs/MA

3

Fikih dan Ushul Fikih

7

01.01.2.23

Kajian Materi dan Pembelajaran PAI SD/SMP

3

 

8

01.01.2.26

Metodologi Penelitian

3

 

9

01.01.2.32

Bimbingan Konseling Islam

2

Psikologi Pendidikan/PPPD

JUMLAH

24

 

Semester V

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

01.01.1.18

Evaluasi Pembelajaran PAI

3

Perencanaan, Strategi, Media

2

01.01.1.21

Pembelajaran Akidah Akhlak MTs/MA

3

Akhlak Tasawuf

3

01.01.1.22

Pembelajaran SKI MTs/MA

3

Sejarah Peradaban Islam

4

01.01.1.24

Kajian Materi dan Pembelajaran PAI SMA

3

Kajian Materi SD/SMP

5

01.01.1.26

Metodologi Penelitian Tidakan Kelas dan Pengembangan

3

Metodologi Penelitian

6

01.01.1.28

Pengembangan Media dan Bahan Ajar PAI

3

Media dan Sumber Pembelajaran PAI

7

01.01.1.29

Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis TI

3

 

9

01.01.1.33

Praktik Administrasi Pendidikan

2

Perencanaan, Strategi, Media dan Sumber

JUMLAH

23

 

Semester VI

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

01.01.2.30

Videografi Dalam Pembelajaran PAI

3

 

2

01.01.2.34

Seminar Proposal

2

Metodologi Penelitian

 3

01.01.2.32

Profesi Keguruan

2

 

4

01.01.2.35

PPL I

2

 

5

01.01.2.38

Reading Text*

2

 

Hanya 12 SKS yang bisa diprogramkan

6

01.01.2.39

Qiraatul Qutub*

2

7

01.01.2.40

Khat Imlak*

2

8

01.01.2.41

Metode Iqro*

2

9

01.01.2.42

Penulisan Artikel Jurnal*

2

10

01.01.2.43

Pendidikan Karakter*

2

11

01.01.2.44

Pendidikan Multikultural*

2

12

01.01.2.45

Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam*

2

13

01.01.2.46

Psikologi Agama*

2

14

01.01.2.47

Kepemimpinan dalam Islam*

2

JUMLAH

21

 

*Mata Kuliah pilihan wajib diambil 12 (duabelas) SKS

Semester VII

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

PRASYARAT

1

01.00.1.13

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

PPI

2

01.01.1.36

PPL II

4

PPL I

3

01.01.0.37

Tugas Akhir

6

Seminar Proposal

JUMLAH

14

 

 

 

REKAPITULASI SKS PER-SEMESTER

SEMESTER

SKS

PERSENTASI

I

20

13,70

II

20

13,70

III

24

16,44

IV

24

16,44

V

23

15,75

VI

21

14,4

VII

14

9,57

 

146

100

 

 

Posting Komentar

0 Komentar