About Me

Mahasiswa Prodi PAI Ikuti Orientasi PM I Secara Daring

Orientasi Praktik Mengajar I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meetings pada Sabtu, (05/03). Kegiatan ini diikuti oleh 343 mahasiswa FTIK semester empat dan enam dengan klasifikasi peserta 169 Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, 82 Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris, 34 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, 22 Mahasiswa Prodi Tadris Fisika, dan 36 Mahasiswa Prodi Tadris Biologi . 

Peserta dikelompokkan ke dalam 50 kelompok dan diatur berdasarkan program studinya masing-masing dengan kisaran per satu kelompok terdiri dari 5-7 mahasiswa 

Kegiatan dilaksanakan melalui tahap dua rolling, tiga kali pertemuan untuk satu kali rolling, Tidak semua mahasiswa yang mengikuti rolling pertama lanjut ke rolling dua, namun, bagi mereka yang tidak lulus atau tidak ikut ujian tahap satu yng wajib melanjutkan ke rolling dua

Dr. Atin Supriatin, Ketua Panitia Pelaksanaan PM I mengungkapkan tujuan dari praktik mengajar  adalah memberikan pengalaman mendalam bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia keguruan. Beliau juga menjelaskan teknis pelaksanaan PM I.

PM I dilaksanakan secara offline dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan bagi mahasiswa dan pembimbing.

Kegiatan orientasi dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FTIK Dr. Nurul Wahdah, M.Pd. 

Momen ini merupakan cara kalian untuk menjadi Good Teacher. Harus menguasai berbagai keterampilan mengajar dan penyusunan RPP yang baik. Saya berharap betul mahasiswa yang berhadir di zoom saat ini, memperhatikan dan aktif untuk bertanya kepada narasumber. Ungkapnya.

 

Adapun materi dari Orientasi PM Mahasiswa disampaikan oleh Dr. Riyanta, M.Pd., WP LPM Kalteng denga tema "Pengembangan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi." Dalam pemaparannya beliau tidak hanya menjelaskan seputar Pengembangan Pembelajaran Berorientasi HOTS, tetapi sampai pada indikator-indikator yanng menjadi tolak ukur guru yang baik. 

Akhir sesi pemaparan, dilanjutkan dengan tanya jawab. Kegiatan ditutup oleh Sri Normuliati, M.Pd selaku moderator yang memandu jalannya diskusi. 

Diharapkan setelah mengikuti PM I mahasiswa dapat mengetahui ragam keterampilan mengajar, informasi mengenai sekolah, dan paham mengenai langkah-langkah pembelajaran. (Yua)

Posting Komentar

0 Komentar