About Me

Prodi PAI lakukan Pengabdian Kolaboratif




Mengupload: 3717120 dari 8337658 byte diupload.

Palangka Raya, Senin, 18 /07 Program Studi Pendidikan Agama Islam lakukan pengabdian kolaborasi Bersama Dosen Program Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri MIN 1 Kota Palangka Raya

Pengabdian yang dikemas dalam bentuk Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka , menghadirkan enam Pemateri handal dari Prodi PAI dan PGMI, Setria Utama Rizal, M.Pd (PAI), Dr. Hj. Rodjatul Jennah M.Pd (PAI), Dr. H. Mazrur. M.Pd (PAI), Nurul Hikmah, M.Pd.I (PAI), Dr. Jasiah, M.Pd (PGMI) dan Sulistyowati, M.Pd (PGMI) berikut dengan Tim Pendamping dari segenap Dosen prodi PAI dan PGMI diantaranya, M. Redha Anshari S.E.I., M.H. Yulia Rahmah, M.Pd, Rahmd, M.Pd dan Abdul Gofur, M.Pd



Hari pertama, Pemateri membawakan materi berkenaan dengan Kurikulum Merdeka, kemudian dilanjutkan di hari kedua dengan praktik pendampingan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka seperti ATP dan Modul Ajar.

Dalam paparannya, Pak Setria mengungkapkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan keluasan bagi pihak sekolah untuk mengusulkan beberapa  program unggulan yang dimiliki selama tidak keluar dari aturan pokok dan terdapat beberapa istilah baru mengenai implementasi kurikulum merdeka seperti istilah Alur Tujuan Pembelajaran/ATP, Capaian pembelajaran/ CP, dan Modul Ajar atau RPP plus.


Materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pembuatan ATP dan Modul Ajar yang dipaparkan oleh Bu Nurul, dan Bu Sulis secara garis besar.

Hari kedua kegiatan praktik dilakukan secara berkelompok dan ditempatkan di kelas terpisah, kelompok pertama pemantapan praktik kurikulum operasional dan program unggulan diperuntukkan untuk Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum kelompok kedua dan ketiga praktik ATP dan Modul ajar yang diperuntukkan untuk Guru kelas dan Guru Mata Pelajaran. Kegiatan ini perlu pendampingan khusus dari tim dosen agar semua guru dapat menghasilkan produk hasil bimtek berupa Modul ajar per mata pelajaran.


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa 18/19 tidak meluluhkan rasa semangat dan optimis para peserta yang berhadir tidak hanya dari seluruh jajaran Guru MIN 1 Kota Palangka Raya. Bahkan Tamu Undangan dari MIN 2, 3 dan 4 Kota Palangka Raya turut mengikuti kegiatan bimtek ini sampai akhir.


Kegiatan diakhiri dengan penandatangan MoU dan ditutup dengan foto bersama beserta jajaran guru dan seluruh Tim Dosen dari prodi PAI dan PGMI



Posting Komentar

0 Komentar