Pembelajaran erat kaitannya dengan suasana antar Dosen dan Mahasiswa ketika berada di ruang kelas. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, tidak dapat dipungkiri ruang kelas menjadi salah satu penunjang proses belajar mengajar sekaligus membangun suasana akademik yang lebih intensif bagi dosen dan mahasiswa. 

Namun, seyogyanya pembelajaran dewasa ini tidak hanya tercipta di ruang kelas saja tetapi dapat terjadi dimana saja. Sering kali kita mendapati mahasiswa yang kurang fokus ketika belajar, maka perlu adanya inovasi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

Program studi Pendidikan Agama Islam, FTIK IAIN Palangka Raya tidak hanya melaksanakan pembelajaran di dalam kelas aja, tetapi beberapa kali pembelajaran dilangsungkan di luar ruangan atau dikenal dengan istilah outdoor

Gaya pembelajaran tersebut dipilih karena tidak hanya fasilitas ruang kelas yang memadai, tetapi lingkungan kampus juga tersedia beberapa titik strategis untuk melangsungkan pembelajaran. Mahasiswa secara lebih luas dan bebas bersama dosen akan saling berdiskusi dan membangun interaksi aktif ketika di luar ruangan.

Dr. Nurul Wahdah, M. Pd, menjadi satu dari sekian dosen DTPS Prodi PAI yang melaksanakan pembelajaran outdoor bersama Mahasiswa.