Pemberlakuan pembelajaran daring selama Covid-19 menjadi alternatif utama yang dapat dilaksanakan oleh sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Pembelajaran daring dinilai aman dilakukan guna menekan penyebaran virus ini pada kalangan siswa dan mahasiswa.

Beragam aplikasi untuk mendukung pembelajaran daring pun bermunculan. Kondisi tersebut dikarenakan perbedaan daya paham siswa dalam menerima materi pembelajaran. Aplikasi gratis sampai dengan berbayar hadir guna mengatasi keluhan yang ada.


Dewasa ini, aplikasi pembelajaran hadir dengan model yang unik dan menarik. Tak hanya berbentuk buku elektronik ataupun pembelajaran berbasis video yang sering diterapkan, namun pembelajaran sejenis permainan berbasis aplikasi di telpon genggam.


Melihat kondisi tersebut, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya membuat game edukasi berbentuk Puzzle terkait materi-materi PAI. Game edukasi ini sangat sederhana dengan target siswa sekolah dasar.


Pengaplikasian game ini pun sangat mudah, dengan materi PAI yang berbeda-beda pada setiap aplikasi yang telah dibuat. Keterlibatan Mahasiswa Prodi PAI yaitu, Ahmad Riduan (Angkatan 2019), Ari Kurniawan (Angkatan 2019), Cindy Dwi Rohmah (Angkatan 2019), Maulia Puspita Sari (Angkatan 2019) dan Nur Windi Safitri (Angkatan 2019) dalam merancang game edukasi ini bermula dari tugas perkuliahan Media dan Sumber Belajar PAI.

Kreativitas dalam pembuatan game edukasi ini patut di acungi jempol. Hal ini membuktikan bahwasannya Mahasiswa Prodi PAI perhatian terkait kondisi pendidikan di Indonesia selama pandemi Covid-19.

Berikut link untuk menginstall game edukasi Puzzle diatas, silahkan Klik Disini