Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Batusangkar menggelar Lomba Tilawah MTQ Internasional dengan tema "Preserving Islamic Cultural Treasures to  Build Qur'anic Generation". pada Senin (06/11)- Selasa (14/11).


Peserta lomba ini berasal dari manca negara seperi, Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapura dan Brunei Darussalam. Perlombaan dilaksanakan secara online dengan ketentuan, para peserta mengirimkan video lomba kepada pihak panitia, kemudian diadakan penilaian dalam rentang waktu Kamis (09/11)- Ahad (12/11).

Terdaftar 39 peserta dari berbagai instansi berkompetensi pada lomba ini, termasuk IAIN Palangka Raya. Empat Mahasiswa Prodi PAI, Rahmat Tawakkal Sobari (Angkatan 2019), Ahmad Riduan (Angkatan 2019), Aisyah Miftahul Jannah (Angkatan 2021), dan Mus Muliyadin (Angkatan 2021), menjadi bagian cabang lomba MTQ se-Asia Tenggara.


Babak final perlombaan diikuti seluruh peserta melalui Zoom Meetings dan dihadiri oleh Rektor IAIN Batu Sangkar, Dr. Marjoni Imamora, M.Sc., serta petinggi kampus lainnya. "Alhamdulillah, senang bisa berpartisipasi dalam perlombaan ini dan bisa bersaing dalam 10 besar bersama peserta lainnya. Untuk kawan-kawan yang memiliki bakat serta semangat, teruslah berjuang dan jangan pernah merasa gagal." Ungkap Muliyadi membagikan pengalamannya.


Kiprah Mahasiswa Prodi PAI dalam dunia Tilawah Al-Qur'an memang seringkali mendapat perhatian dan memenangkan lomba pada beberapa kejuaraan. Semoga semangat berkompetensi Mahasiswa Prodi PAI dalam MTQ dapat menumbuhkan kecintaan terhadap ayat-ayat suci Al-Qur'an.