Palangka Raya, Kamis 11 Mei 2023  Program Studi Pendidikan Agama Islam lakukan pendampingan persiapan implementasi kurikulum merdeka di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya.

Berdasarkan SK yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya  merupakan madrasah swasta yang ditunjuk sebagai sekolah percontohan  yang akan mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024, oleh sebab itu pihak madrasah memerukan pendampingan persiapan impleentasi kurikulum dari pihak kampus dalam hal ini adalah prodi PAI. Pengabdian yang bertajuk Workshop Implementasi Kurikulum  Merdeka bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka.


Prodi PAI menugaskan Pemateri yang sudah berpengalaman dan telah mengikuti pelatihan mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Madrasah. Beliau adalah Bapak Setria Utama Rizal, M.Pd (Kaprodi PAI) dan Ibu Nurul Hikmah, M.Pd.I (PAI). Kegiatan di laksanakan selama dua hari, yaitu hari rabu dan kamis, 10 dan 11 Mei 2023. dimulai pukul 08:00-14:00. Pada hari  pertama, disesi pertama para peserta mendengarkan pemaparan  materi mengenai konsep kurikulum merdeka, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan  Modul Ajar.




Setelah pemaparan materi dan diskusi, sesi kedua dilanjutkan dengan membagi kelompok menjadi dua kelompok dan dua ruangan. kelompok pertama adalah kelompok yang menyusun kurikulum operasional madrasah yag terdiri dari kepaa madrasah, wakil kepala madrasah dan didampingi oleh Narasumber dalam hal ini adalah bapak Setria Utama Rizal, M.Pd. 

Kelompok kedua, diruangan kedua didampingi oleh ibu Nurul Hikmah, M.Pd.I menyusun Tujuan Pembelajaran yang merupakan turunan Capaian Pembelajaran, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran. Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan modul ajar dan menyelesaikan kurikulum operasional madrasah.

Secara keseuruhan kegiatan berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif.