About Me

Kajian Rutin Ilmu Tasawuf Ma'had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya

 

Palangka Raya - Minggu (26/11/2023) - Tasawuf adalah ilmu yang tumbuh dari pengalaman spiritual kehidupan moralitas yang bersumber dari nilai-nilai Islam. Kajian Ilmu Tasawuf ini disampaikan oleh Guru Muhammad Rijani, dan diikuti seluruh Mahasantri putra & putri Ma'had Al-Jamiah IAIN Palangka Raya. Tasawuf merupakan suatu ajaran tentang bagaimana mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak, serta membangun dhahir dan batin untuk dapat memperoleh kebahagian dunia dan akhirat.

Adapun tujuan dari mempelajari Ilmu Tasawuf, melahirkan akhlak yang baik dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Ilmu Tasawuf dalam kehidupan manusia dapat menjadikan manusia memiliki kepribadian yang shalih dan berperilaku baik serta ibadah yang berkualitas. Ilmu Tasawuf juga memiliki manfaat, mendidik hati sehingga mengenal Dzat Allah, sehingga berbuah kelapangan dada, kesucian hati dan menyadarkan manusia tentang hakikat dirinya, tujuan hidupnya, dan tanggung jawabnya sebagai hamba Allah SWT. Ilmu Tasawuf mengingatkan kita tentang kematian dan agar selalu beribadah serta menjauhi perbuatan yang tercela, menjadikan seseorang lebih bijak dan berakhlak kepada dirinya sendiri, sesama manusia, dan kepada Allah SWT. Ilmu Tasawuf juga mengajarkan bagaimana cara manusia agar menjadi insan yang berbudi luhur, baik sebagai makhluk sosial maupun hamba dalam hubungannya dengan Allah SWT.

                                    
    Dengan mempelajari Ilmu Tasawuf, manusia dapat mencapai kesempurnaan sebagai hamba Allah yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia. Ilmu tasawuf juga dapat membantu manusia untuk hidup lebih tenang, bahagia, dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa.


Posting Komentar

0 Komentar