About Me

Kegiatan Munaqosah BMQ Mahasiswa IAIN Palangka Raya

Palangka Raya sabtu (28/11) BMQ adalah bimbingan membaca al qur’an yang merupakan salah satu syarat yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 1 untuk mengetahui kemampuan membaca al qur’an. Adapun kegiatan BMQ ini dilakukan 5 kali dalam seminggu. Sebelum dilaksananya BMQ akan diadakan pretest untuk menentukan level (tingkatan), karena tidak semua mahasiswa mempunyai kemampuan membaca al-Qur’an yang sama. BMQ terdiri dari 6 level, setelah pertemuan ke 15 akan diadakan munaqosah (ujian akhir level).

Munaqosah BMQ dilaksanakan di Ma’had Al-Jamiah dan diikuti oleh seluruh peserta BMQ. Kegiatan munaqosah ini, peserta di anggap naik level (lolos) jika tidak terdapat lebih dari 5 kesalahan dalam bacaannya. Jika terdapat lebih dari 5 kesalahan maka peserta akan mengikuti remedial (masa perbaikan) pada Minggu selanjutnya, apabila tidak terjadi peningkatan pada peserta maka           akan mengulang kembali pada level tersebut.

Munaqosah BMQ ini dilaksanakan untuk memperbaiki tajwid, penyebutan makhroj huruf dan mengukur kemampuan bacaan Al-Qur’an para peserta BMQ apakah bacaannya sudah baik dan benar agar bisa naik ke level selanjutnya. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan munaqosah ini membuat mahasiswa lebih semangat dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dan akan menjadi bekal untuk kehidupan selanjutnya.


Posting Komentar

0 Komentar