About Me

Kegiatan Observasi Pancasila Terkait Pilpres Demokrasi Politik Kepada Mahasisiwa

IAIN Palangkaraya – 28 November 2023. Mahasiswa dari jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangkaraya yang mengambil mata kuliah Pancasila melakukan observasi terkait pilpres demokrasi politik kepada mahasiswa. Observasi adalah cara memperhatikan dan mengumpulkan informasi dengan teliti, baik menggunakan Indera manusia maupun alat, untuk memahami objek atau peristiwa tertentu. Pilpres adalah singkatan dari Pemilihan Presiden, di mana warga negara memiliki hak untuk memilih kepala negara secara langsung melalui proses pemungutan suara.  

Kegiatan ini dilaksanakan di kampus IAIN Palangka Raya pada tanggal 28 November. Observasi ini dilakukan terhadap salah satu mahasiswa yang bernama Yuyun Senjaya, adapun pendapat Yuyun mengatakan bahwa pentingnya memperkuat pemahaman mahasiswa tentang proses pilpres.

Kegiatan observasi ini tidak hanya menjadi sarana untuk mendapatkan wawasan lebih mengenai Pilpres, tetapi juga memupuk semangat partisipasi dalam demokrasi politik dikalangan mahasiswa. Observasi demokrasi politik bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap proses politik, meningkatkan keterlibatan dalam aktivitas demokratis, dan memupuk kesadaran politik. Diharapkan, kegiatan observasi ini akan menciptakan generasi mahasiswa yang teredukasi dan berpartisipasi dalam politik negara sebagai penerus bangsa.

Posting Komentar

0 Komentar