About Me

Tahajjud Sebagai Program Wajib Mahasantri Ma’had IAIN Palangka Raya

 


Palangka Raya-6 Desember 2023. Sholat tahajud adalah sholat sunnah malam yang dilakukan setelah tidur sejenak. Biasanya dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud dianggap sebagai bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan.

Sholat tahajud wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasantri yang berada di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangkaraya. Sholat tahajud dilaksanakan setiap hari secara mandiri dan setiap minggu secara berjamaah dan diimami oleh masing-masing Musryif/Musryifah. Sholat tahajud menjadi rutinitas karena menjadi program wajib di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangkaraya. Sholat tahajud diwajibkan agar mahasantri terbiasa bangun disepertiga malam untuk melaksanakan ibadah sholat tahajud.

Sholat tahajud dimulai dengan niat lalu melakukan dua rakaat pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan beberapa rakaat seperti 2, 4, 6, atau lebih sesuai dengan kemampuan. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan keimanan, mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki akhlak, dikabulkan doa-doanya dan diampuni dosa-dosanya, mendapatkan tempat terpuji disisi Allah, menjaga kesehatan rohani, serta menjembatani masuk surga. Shalat tahajud bertujuan agar mahasantri mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan kualitas keagamaannya.

Posting Komentar

0 Komentar