About Me

BUDAYA MENGAJI SEBELUM MEMULAI PELAJARAN

 

Rabu, 1 November 2023 IAIN Palangka Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran di Ruang kelas 

Palangka Raya, IAIN Palangka Raya – Al-Qur’an merupakan kitab suci yang sempurna dan berfungsi sebagai pedoman hidup, tidak sedikit orang yang masih enggan untuk meluangkan sedikit waktunya membaca Al-Qur’an. Sejatinya Al-Qur’an memiliki untaian kalimat yang indah untuk dibaca dan disenandungkan, maka dari itu mahasiswa IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan mengaji setiap harinya sebelum mata kuliah dimulai.

Sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas dilakukan, kampus IAIN Palangka Raya terutama mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan kegiatan atau program mengaji bersama pada setiap kelas yang bertujuan untuk menciptakan generasi Islam dan meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. 

Metode belajar yang digunakan adalah metode belajar Qiroati, metode belajar Qiroati adalah metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil dan ilmu tajwid. Tujuan utama metode Qiroati tidak hanya mengajarkan mahasiswa untuk membaca Al-Qur’an melainkan membaca dengan kaidah ilmu tajwid. 

Untuk mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, ada mata kuliah Ulumul Qur’an. Dalam mata kuliah tersebut, kami diajarkan membaca Al-Qur’an dengan metode Qiroati dengan berbagi nada, seperti nada Bayati, Rost, dan juga Jiharkah.


Rabu, 1 November 2023 IAIN Palangka Raya, pembacaan ayat suci Al-Qur'an menggunakan media Handphone


Sebelum kegiatan mengaji dimulai, ketua kelas mengarahkan anggotanya untuk mengawali membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an bersama sama sesuai dengan aturan yang sudah disepakati antara mahasiswa dan dosen. Setelah mengaji selesai maka akan diakhiri dengan sholawat nariyah yang dibaca secara bersama-sama, setelah itu maka dimulailah perkuliahan. 


Rabu, 1 November 2023 IAIN Palangka Raya, pembacaan ayat suci  Al-Quran di Ruang kelas 


Selain kegiatan membaca Al-Qur’an adanya muatan tambahan juga yang berkaitan dengan akidah dan akhlak Islamiah. Dengan berpakaian sopan, rapi dan juga bersih agar dapat menenangkan hati kita dan tidak mengumbar hawa nafsu bagi lawan jenis. Dalam membaca Al-Qur’an setiap harinya memiliki manfaat yang sangat banyak diantaranya : 
1. Menciptkan karakter religius 
2. Menciptakan kesadaran beragama 
3. Memperoleh pahala dari Allah SWT
4. Diselamatkan pada saat yaumul hisab 
5. Menjadi obat terbaik ( Asy-Syifa)
6. Rumah akan diberkahi oleh Allah SWT
7. Dijauhkan dari setan
8. Senantiasa mendapat perlindungan dari  Allah SWT
9. Membuat hati menjadi tenang 
10. Berisi ilmu pengetahuan
11. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
12. Nutrisi terbaik bagi otak
13. Melancarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an.
Tentunya dengan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, semoga nantinya akan menambah pahala yang berlimpah untuk kita semua, Amiin ya robbal A'laamiin.




Posting Komentar

0 Komentar