About Me

Pelatihan Pembuatan Berita Bagi Mahasiswa Prodi PAI di IAIN Palangka Raya Tahun 2023

 

Senin, 6 November 2023 - di Kampus IAIN Palangka Raya

Palangka Raya, IAIN Palangka Raya- Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan dan penyampaian berita, Kampus IAIN Palangka Raya menyelenggarakan pelatihan pembuatan berita yang dihadiri oleh mahasiswa Jurusan Tarbiyah pada hari senin, 6 November 2023. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai aspek penting dalam membuat berita yang terstruktur.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh 32 mahasiswa dari kelas c semester 1 Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2023. Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias dalam menyimak dan mengamati penjelasan yang dibimbing oleh Dosen Hj. Mila, M.Pd.  Menyampaikan pentingnya pemahaman bagi mahasiswa dalam mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus ada dalam sebuah berita terkait apa itu 5 W dan 1 H. Melalui pelatihan ini, para mahasiswa dapat mengasah kemampuan teknis penulisan berita yang baik dan benar serta memperdalam pengetahuan dan pengalaman membuat berita yang akurat.



Senin, 6 November 2023 IAIN Palangka Raya 
 suasana ruangan kelas PAI 1C

Tips praktis dalam menyusun berita yang informatif dan menarik adalah kejujuran, ketepatan fakta, serta penyampaian yang menarik. Ketelitian dalam penulisan sangat diperlukan untuk menghasilkan berita yang berkualitas dan relevan dalam penggunaan bahasa.
Fokus dalam kegiatan ini, di mana para mahasiswa diberikan tugas untuk menyusun berita dari peristiwa aktual yang terjadi baik di lingkungan kampus maupun di sekitarnya. Dalam workshop ini, mereka dibimbing secara langsung oleh dosen untuk memberikan panduan praktis tersebut.


Senin, 6 November 2023
Ruang kelas Pai 1C

Respon dari peserta pun sangat positif, menyampaikan bahwa pelatihan tersebut memberikan wawasan baru dan memperkaya pengetahuan mereka terutama dalam hal teknik penyusunan berita yang tepat.
Materi yang disampaikan sangat menarik serta interaktif dengan ajakan mahasiswa yang hadir untuk ikut aktif dalam materi yang diberikan. Materi yang disampaikan sesuai dengan tema, yaitu pelatihan pembuatan berita yang dilengkapi dengan cara-cara menulis berita untuk pemula hingga memberikan beberapa contoh berita yang sudah tertera pada tayangan Smart TV yang tersedia.
Pengarahan cara pembuatan berita oleh Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia Prodi PAI IAIN Palangka Raya diharapkan dapat menjadi landasan bagi para mahasiswa untuk lebih memahami dan melatih teknik-teknik penulisan berita yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat akan informasi yang berkualitas. Kegiatan tersebut ditutup dengan semangat tinggi dan harapan bahwa ilmu yang diperoleh akan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa untuk kedepannya.


Posting Komentar

0 Komentar