About Me

Prodi PAI Adakan Pelatihan Media dan Bahan Ajar Berbasis Online


            Senin, 10 Juni 2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) mengadakan Pelatihan Media dan Bahan Ajar Berbasis Online yang dihadiri oleh para pemateri terkemuka. Dipandu oleh Surawan, M.S.I. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Jurusan Tarbiyah, Dr.Hj. Zainap Hartati, M.Ag. yang mewakili Dekan FTIK yaitu Dr. Dakir, MA.

        Pelatihan ini diisi oleh empat pemateri yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Pemateri pertama yaitu Dr. Benni Setiawan, M.S.I., M.I.Kom. dari Universitas Negeri Yogyakarta, yang memberikan materi tentang Hak Cipta dan Semesta Google (Copyright). Pemateri kedua yaitu Assoc. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang memberikan materi tentang Peran AI dalam Penilaian Pembelajaran (Quizziz dan Chat GPT). Pemateri ketiga yaitu Tumin, M.A., Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang memberikan materi tentang Pengertian Media dalam Pembelajaran (Pengertian dan Fungsi Media, Prinsip dan Perkembangan Media, Media dan Hakikat Belajar, juga Penggunaan Canva Sebagai Bahan Ajar). Pemateri yang keempat dari Dr. (Cand). Ahmad Saefullah, M.Pd.I. dari Universitas Palangka Raya, yang memberikan materi tentang Pengajaran dan Metode Belajar Al-Qur’an, Penimpunan Huruf J-Ran, dan Penerapan Metode J-Ran.


Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting, yang tidak hanya diikuti oleh mahasiswa prodi PAI namun juga beberapa dosen prodi PAI. Adapun mahasiswa PAI yang turut hadir dalam pelatihan ini berjumlah 130 mahasiswa, dari angkatan 21, 22, maupun 23. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta terkait dengan pemanfaatan media dan bahan ajar berbasis online dalam proses pembelajaran juga dapat mengembangkan keterampilan dalam menyusun dan menyajikan materi pembelajaran secara efektif melalui media online.







Posting Komentar

0 Komentar