Back To Top

FTIK-IAIN Palangka Raya, Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah 75111.

Rabu, 14 Februari 2018

Pelatihan Teknik Persidangan

Bersiap Menjadi Pemimpin, Mahasiswa PAI Adakan Pelatihan Teknik Persidangan
Kuliah di FTIK, tidak hanya dicetak menjadi para calon guru atau pendidik, tapi juga menjadi para calon pemimpin. Di masyarakat, para alumni PAI tidak berprofesi menjadi guru atau dosen, tapi mungkin juga aktif di berbagai kegiatan sosial, agama atau politik. Untuk itu, para mahasiswa perlu dibekali berbagai keterampilan.

Di antara keterampilan itu adalah memimpin sidang dan rapat. Bertempat di Aula FTIK, para mahasiswa PAI menyelenggarakan Pelatihan Teknik Persidangan, pada Sabtu (6/1) kemarin.

“Di perkuliahan sendiri, para mahasiswa belajar Matakuliah Teknik Bimbingan Belajar. Sebagai aplikasinya, diadakankanlah kegiatan ini,” ujar Ciega Pratama Sulistio, ketua panitia. Kegiatan itu memang diselenggarakan secara mandiri oleh para mahasiswa yang menempuh matakuliah tersebut.



Kegiatan itu mendapat apresiasi dari Wakil Dekan III, Gito Supriadi, M.Pd. “Kegiatan ini paling tidak memberikan dua hal. Pertama, pengalaman mengelola pelatihan. Kedua, mengetahui, memahami dan menerapkan cara memimpin dan menjadi peserta persidangan atau rapat,” paparnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Hampir seratus peserta hadir, yang semuanya mahasiswa FTIK dari semua prodi. Mereka nampak antusias dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Mereka mendapat ceramah materi dan dibimbing simulasi persidangan oleh nasumber, Dr. Mazrur, M.Pd, dosen FTIK yang saat ini juga menjabat selaku Ketua Senat IAIN Palangka Raya.

“Materi ini merupakan materi dasar yang banyak digunakan dalam kegiatan persidangan atau rapat. Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan perlu dibekali dengan pengalaman dan keterampilan ini,” ujarnya saat menyampaikan materi. (CP)