About Me

Hasil Rapat Monev Pendidikan Prodi PAI Tahun 2019


Monitoring dan evaluasi (Monev) merupakan bagian dari kegiatan untuk memantau dan menjaga konformitas (kepastian) ketetapan yang telah dibuat dengan pelaksanaan di lapangan. Monev juga merupakan salah satu bentuk evaluasi dari yang ditinjau secara berkala, disesuaikan dengan kondisi-kondisi internal program studi. Hasil temuan pada kegiatan monev menjadi acuan sebagai perbaikan diri.

Kegiatan ini dimaksudkan agar dapat menggunakan data-data temuan baik kesesuaian dan ketidaksesuaian temuan dapat mempergunakan informasi yang dikumpulkan untuk mengarahkan perencanaan menuju peningkatan mutu berkelanjutan. Melalui Monev ini diharapkan akan menjadi kesesuaian antara standar mutu yang ditetapkan dengan implementasinya. Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan Monev rutin yang dilakukan dosen homebase dalam pelaksanaan tri dharma.

Kegiatan monitoring dan evaluasi standar penilaian pembelajaraan dilaksanakan di lingkungan internal yang melibatkan dosen pada program studi. Kegiatan ini dimulai pada bulan September - Oktober di Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Hasil Monev tahun 2019 pada standar proses pembelajaran yang masih belum terlaksana adalah bagian indikator yang seharusnya dirancang dengan memperhatikan integrasi ilmu dan nilai keislaman, karena hanya di beberapa bagian RPS saja memuat bagian tersebut. 

Selanjutnya pada standar penilaian pembelajaran ada dua indikator yang masih belum terlaksana yaitu Dosen melakukan penilaian pembelajaran kepada mahasiswa menerapkan 2 (dua) jenis penilaian yaitu tes dan non tes sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup materi hardskill dan soft skill selama pelaksanaan proses pembelajaran, dan Dosen menilai 4 (empat) atribut softskill (disiplin, komunikasi, berpikir kritis dan kerjasama tim). Penilaian tersebut menggunakan sedikitnya 2, (dua) rubrik yang mencakup komponen intra dan interpersonal skill selama pelaksanaan proses pembelajaran.

Posting Komentar

0 Komentar