Himpunan Mahasiswa Jurusan Tarbiyah atau HMJ Tarbiyah adalah himpunan yang menaungi mahasiswa jurusan Tarbiyah meliputi prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Setelah melalui seleksi dan verifikasi berkas, serta menghadiri penajaman visi dan misi paslon, HMJ Tarbiyah pada 20 Februari 2020 secara resmi melalui KPUM FTIK mengumumkan bahwa Saudari Nur Novia Setiana (Angkatan 2019) dan Siti Nurmaya (Angkatan 2019) menjadi Ketua dan Wakil Ketua HMJ Tarbiyah Periode tahun 2021/2022.

Uniknya Ketua dan Wakil Ketua HMJ Tarbiyah periode ini berasal dari prodi Pendidikan Agama Islam. Saudari Setiana selaku Ketua HMJ Tarbiyah terpilih mengungkapkan, “Kami terpilih secara aklamasi, setelah itu kami serah terima berkas dan mengikuti prosuder dari KPUM. Dengan satu misi yaitu agamis, kreatif, dan inovatif juga pembuktian diri sebagai kaum perempuan yang nyatanya mampu menjadi pemimpin. Kami ingin silaturahmi HMJ dan HMPS di FTIK tetap terjaga dengan baik.”

“Saya dan Setiana memiliki satu kesamaan visi dan misi untuk membangun HMJ Tarbiyah kearah yang lebih baik lagi. Visi misi kami matangkan agar terimplementasikan dengan semestinya dalam bentuk kerja nyata. Tentu saat diberikan amanah seperti ini, kami berdua berusaha untuk bertanggung jawab penuh dan melaksanakan tugas ini sebaik mungkin.” Ujar Saudari Maya mengutarakan alasan untuk maju sebagai wakil ketua HMJ.

Sebagai ketua dan wakil HMJ Tarbiyah, keduanya pun mengharapkan adanya kerjasama antara HMJ dan HMPS untuk menjembatani kegiatan mahasiswa yang akan dilangsungkan kedepannya. Selain itu, HMJ Tarbiyah juga menginginkan adanya kolaborasi dengan HMJ dari kampus lain untuk membangun relasi antar mahasiswa. Semoga Saudari Setiana dan Maya dapat membuat gebrakan baru dan senantiasa menjaga nama baik HMJ Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya.