About Me

Produktif Saat Pandemi, Mahasiswa PAI Berkontribusi Menjadi Pengajar Di Sungai Bakau Seruyan

Nur Winda Maysara,  atau yang akrab disapa Winda adalah mahasiswi PAI angkatan tahun 2019 yang berasal dari daerah Sungai Bakau, Seruyan. Bermula dari pemikiran untuk memanfaatkan waktu liburan semester, saudari Winda mengabdikan diri di desanya untuk mengajar anak-anak membaca Al-Qur’an.


“Awalnya niat saya untuk mengajar itu adalah mengisi waktu liburan semester 3, tapi karena sekarang kuliah online saya tetap melanjutkan aktivitas mengajar dan InsyaAllah akan terus berlanjut jika tidak ada kendala. Rasanya senang bisa berinteraksi dengan anak-anak yang sifatnya beragam. Selain itu, saya juga secara tidak langsung sudah membantu pendidikan di desa saya.”

Saudari Winda mengajar dari hari Senin-Kamis sejak pukul 14:30, di TPQ Raudhatul Huda Sungai Bakau, Seruyan. Mengingat kondisi Covid-19 yang belum juga usai, anak-anak yang ingin belajar mengaji di kelompokkan menjadi beberapa orang secara terpisah ke dalam ruangan. Setelah mendapat gilirian, anak-anak pun diarahkan untuk langsung pulang kerumah. Walaupun daerah desa saudari Winda termasuk zona hijau, namun pembatasan di ruang publik tetap diterapkan.

“Sebelum pandemi, sebenarnya anak-anak menggunakan meja untuk belajar. Biasanya selain mengaji, mereka juga belajar menulis Arab dan bernyanyi bersama.  Tetapi karena pandemi, apabila sudah mendapat giliran mengaji harus langsung pulang. Saya berharap apa yang saya lakukan saat ini dapat menjadi amal jariyah dan memudahkan anak-anak untuk membaca Al-Qur’an dengan benar.”

Berinteraksi dengan anak-anak juga menjadi pengalaman tersendiri bagi saudari Winda untuk memilih dan menentukan metode belajar apa yang tepat bagi mereka. Saudari Winda juga selalu memperhatikan cara mengajar Ustadz dan Ustadzah yang berada di TPQ Raudhatul Huda. Aktivitas seperti ini membuktikan, bahwasannya pandemi tidak menghalangi kegiatan positif yang ingin dilakukan. Banyak ruang yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang selama berada di rumah.

Posting Komentar

5 Komentar