About Me

header ads

Dosen Prodi PAI Jadi Narasumber Bedah Puisi

 

SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya, pada Kamis (8/4) mengadakan acara Bedah Buku Jiwa Puisi Karya Dr. Dian Lufia Rahmawati, M.Pd D dari Puisi-Puisi Imam Budhi Santosa Dalam Pendekatan Psikofilosofi Berdasarkan Perspektif Ki Ageng Suryomentaram. Bertempat di Perpustakaan SMAMSA, kegiatan ini diikuti secara daring dan luring oleh para peserta.








Dalam sambutannya, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Ahmad Wahyu Cahyono, mengatakan  “Kegiatan pagi hari ini adalah Bedah Buku Jiwa Puisi  karya Alm.  Dr. Dian Lufia Rahmawati, M.Pd. yang dulunya pernah mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Lewat bedah puisi ini, semoga dapat menginspirasi, menambah ketertarikan membaca dan gemar untuk bersastra. Untuk seluruh panitia, peserta dan pemateri, saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya. “

Dosen Prodi PAI, Dr. Mazrur Amberi, M.Pd menjadi salah satu narasumber dalam acara ini bersama dengan Agung C. Prabowo, S.Hut, M.P., LSBO PWM KALTENG dan Abdi Rahmad, S.E., Budayawan.

“Karya yang diangkat oleh Bu Dian ini adalah psiko-filosofis, mengkaji karya dari Imam Budhi Santosa yang dianalisis berdasarkan teori dari Ki Ageng.  Karya IBS sangat patut untuk dikaji  karena sarat akan rasa, cocok dengan teori yang diungkapkan oleh Ki Ageng. Beberapa puisi yang dihasilkan IBS selalu menunjukkan gambaran kejiwaan seseorang. Hidup dalam kesederhanaan, bukti bahwa dunia ini tidak ada apa-apanya. Apa yang disampaikan dalam puisi diterapkan dalam kehidupan. Suatu hal yang begitu menarik untuk dikaji. Pendalaman ini, dibandingkan Ki Ageng dengan  ilmu bahagia, melahirkan sebuah teori psikologi raos yang diakui oleh UGM. Teori yang bertujuan untuk mencapai kepribadian manusia sesungguhnya, yaitu tangguh, optimis, kemampuan dan empati. ” Ujar Mazrur Amberi, memaparkan pandangan beliau sebagai narasumber dalam bedah puisi ini.

Melalui acara ini, diharapkan minat baca pada karya sastra akan semakin meningkat, sehingga mampu mengangkat budaya lokal yang disampaikan lewat sebuah puisi dari sastrawan-sastrawan Indonesia.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Maa syaa Allah,
    Jalan-jalan beli duren
    Dosen PAI emang kereen

    BalasHapus
  2. orang orang hebat kebanggaan sekaligus panutanku๐Ÿ˜ข❤

    BalasHapus
  3. Asli ini keren bro๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus