Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Pembinaan Penulisan Bahan Bacaan Literasi Berbahasa Daerah tahun 2021, bertempat di Aquarius Boutique Hotel Jln. Imam Bonjol No. 5 Palangka Raya pada Senin, (07/06).

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari sampai Jum’at, (11/06) yang diikuti oleh para guru, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia, Mahasiswa, LPMP Kalteng, PKBM Candra Kirana, Gerakan Literasi Kalteng, Sanggar Seni Padepokan Parei, Komunitas Payung Literasi, Taman Bacaan Laskar Pelangi, Vision Borneo, Kalteng Pos, IAIN Palangka Raya dan peserta lainnya.

Ahmad Fauzi (Angkatan 2019) dan Ahmad Syaroni (Angkatan 2019) turut menjadi peserta dalam kegiatan ini. Keduanya begitu antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan.

Salah satu pemateri kegiatan ini adalah Dosen PGMI IAIN Palangka Raya, Nur Inayah Syar, M.Pd. 

Peserta diberikan kesempatan untuk menuliskan sebuah cerita yang nantinya akan diterbitkan.

Kepala Balai Bahasa, Valentina Lovina Tanate, M.Hum., mengungkapkan “ Literasi perlu ditingkatkan untuk menciptakan budaya literasi yang baik. Harus dimulai dari keluarga, sekolah, kantor, dunia usaha dan masyarakat luas. Sehingga budaya literasi dapat berkembang dengan baik.”

Dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh panitia penyelenggara kegiatan ini juga berharap para peserta dapat mengambil sisi positif dan ilmu yang diberikan, serta meningkatkan  minat baca literasi daerah.