Pramuka termasuk dalam mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Setelah mengikuti PAB, Mahasiswa FTIK akan berpartisipasi dalam Kursus Mahir Dasar (KMD).

Kegiatan KMD ke-XXX tahun 2021, terlaksana secara daring melalui aplikasi Zoom sejak Kamis, (01/07)- Rabu, (07/07). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, tidak ketinggalan untuk ambil bagian menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Dengan tema Fleksibelitas Berkarya Tanpa Batas, KMD memberikan banyak pelatihan seputar materi bagi Pramuka Penggalang dan Penegak. Walaupun terlaksana secara online, akibat wabah virus corona yang belum usai, para peserta tetap antusias dan menunjukkan semangat yang luar biasa.

Tidak hanya berputar pada penyampaian materi dan pelatihan saja, namun KMD juga menyediakan waktu khusus untuk Pentas Seni bagi Mahasiswa. Nuni Salviah (Angkatan 2019) melalui Pensi KMD, menyumbangkan suara emasnya melalui lagu khas daerah Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut.

Setelah mengikuti KMD, mahasiswa akan mendapat ijazah yang nantinya akan digunakan sebagai syarat untuk melaksanakan Munaqasah.  Sehingga selama KMD berlangsung, seluruh peserta senantiasa menunjukkan keseriusan namun tetap menikmati setiap materi dan kegiatan-kegiatan lainnya.