About Me

Hoax Seputar COVID-19 Yang Perlu Diwaspadai!

Sumber: news.detik.com

Sejak kemunculannya di Indonesia, COVID-19 menjadi perbincangan yang senantiasa hadir diberbagai media. Berita seputar virus ini kerap kali menjadi topik utama yang menarik perhatian di kalangan masyarakat Indonesia. 

Namun, COVID-19 juga tak luput menjadi incaran oknum penyebar isu Hoax terkait virus ini. Melansir dari CNN Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mencatat terdapat 1.854 isu kabar bohong atau hoax seputar virus corona (COVID-19) hingga Minggu 15 Agustus 2021.

Hoax yang beredar mengenai COVID-19 tak sedikit yang berujung pada hal-hal tidak diinginkan, seperti kematian. Peristiwa tersebut mungkin saja terjadi, akibat individu yang sudah termakan hoax dan percaya begitu saja tanpa meninjau lebih jauh. 

Berikut beberapa Hoax COVID-19 yang sangat populer di masyarakat tetapi perlu diwaspadai:

1. Berendam di air panas dapat membunuh virus COVID-19. 

2. Mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah penularan virus COVID-19.

3. Menyemprotkan Alkohol keseluruh tubuh dapat membunuh virus COVID-19.

4. Meminum Minyak Kayu Putih dan Alkohol dapat menyembuhkan virus COVID-19.

Seluruh informasi diatas nyatanya tidak berdasar dan telah dijawab oleh dr. Ika dalam webinar Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) bertema Mitos Vs Fakta Seputar Covid-19. Mengutip dari Kompas.Com terdapat 23 Hoax tersebar seputar COVID-19, sehingga masyarakat harus lebih cermat lagi dalam menerima dan menerapkan berbagai informasi seputar virus ini.

Posting Komentar

2 Komentar