About Me

Semarak HUT RI Ke-76 Di Masa Pandemi

Sumber: The Conversation

Momentum kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945, menjadi peringatan penting bagi bangsa ini. Sering kali diadakan upacara peringatan, lomba 17-an, sampai dengan pemutaran film para tokoh pejuang nasional.

Kegiatan-kegiatan tersebut diadakan semata-mata mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan. Dibelenggu oleh penjajah selama berabad-abad, Indonesia menorehkan sejarah panjang untuk meraih kemerdekaan. 

Namun adanya Pandemi Covid-19 membuat perayaan hari kemerdekaan Indonesia sedikit berbeda. Terlebih adanya kebijakan PPKM untuk menekan mobilitas dan membatasi gerak masyarakat di ruang publik.

Kondisi tersebut tidak menjadi alasan untuk mengurangi rasa nasionalisme perayaan kemerdekaan. 

Beragam cara dapat dilakukan sebagai bentuk partisipasi dan suka cita bangsa Indonesia. Misalnya, penyelenggaraan upacara bendera secara virtual, menonton tayangan seputar kemerdekaan melalui televisi dan saling berbagi semangat kemerdekaan melalui media sosial. 

Kini Indonesia telah mencapai umur 76 tahun lamanya sebagai negara merdeka. Tetapi perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan terus dilakukan untuk menjaga kedaulatan bangsa. 

Semua pihak tentu berharap Indonesia lekas pulih dari Pandemi Covid-19 dan bangkit seperti sediakala.

Posting Komentar

12 Komentar