About Me

HMPS PAI Selenggarakan Webinar Nasional Profesionalisme Guru Abad 21

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan webinar nasional dengan tema " Profesionalisme Guru Abad 21" pada Rabu, (29/09).  Terlaksana secara daring melalui zoom, webinar ini diikuti oleh para guru Pendidikan Agama Islam dari berbagai daerah di Kalimantan.

Dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd, tujuan pelaksanaan webinar ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para Guru PAI dalam menghadapi tantangan baru di era modern dan kondisi pandemi COVID-19.

Pada kesempatan ini, berhadir empat pemateri luar biasa yaitu Dr. Anis Masykhur, M.A selaku Ahli Muda Pengembangan Teknologi Pendidikan Ditjen Pendidikan Islam, Dr. Abdul Rozak, M.Si., Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag., Wakil Rektor 1 IAIN Palangka Raya, dan Dr. Hj. Rodhatul Jennah, Dekan FTIK IAIN Palangka Raya.

Masing-masing pemateri memaparkan materi seputar profesionalisme yang berbeda. Terlibat sebagai Panitia Nasional Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kementrian Agama Republik Indonesia, Dr. Anis Masykhur, M.A membawakan materi perihal "Memahami TPACK Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik".

Narasumber selanjutnya, Dr. Abdul Rozak, M.Si menyajikan materi "Guru Profesional dan Pembelajaran Untuk Gen Z & A di Era Baru." Beliau mengungkapkan bahwa "Memasuki industri 4.0, Society 5.0 dan pandemi saat ini, siswa harus mempelajari dan menguasai pembelajaran secara lebih seksama dan mulai membaca literasi baru setiap waktu. Sedangkan guru bertindak sebagai agen perubahan."

Setelah diadakan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator, Dr. Hj. Muslimah, M.Pd., kini materi disampaikan oleh Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag mengenai "Pengembangan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Profesional Zaman Now". Beliau memaparkan bahwa terdapat kepribadian guru yang diharapkan oleh siswa. "Menjadi guru, berarti kita berhadapan dengan berbagai karakter peserta didik. Namun, guru juga harus memiliki kepribadian agar kehadirannya membawa nuansa pembelajaran yang tepat bagi siswa."

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd., dengan materi "Redesign Pembelajaran PAI Menuju Guru Profesionalisme abad 21". Beliau berpendapat bahwa perlu diadakannya telaah materi dan  rekonstruksi pada Mata Pembelajaran PAI.

Seluruh peserta yang berhadir merasa antusias dengan setiap materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan ramainya pertanyaan dari para guru PAI kepada pemateri dalam webinar nasional ini. 

Satria Nur Rizki, Ketua HMPS PAI merasa bersuyukur dapat terlibat dalam webinar ini. "Semoga di kesempatan lainnya, HMPS PAI dapat berpatisipasi dalam acara serupa. Terimakasih untuk para dosen yang sudah membantu dan mengarahkan kami dan tim selama webinar nasional berlangsung." Ungkapnya.

Posting Komentar

6 Komentar