About Me

Mahasiswa Prodi PAI Ikuti KKN Tematik

Pemaparan program kerja oleh kelompok KKN Tematik beberapa waktu lalu, menjadi langkah awal bagi 30 Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan meliputi 15 Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, 5 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, 5 Mahasiswa Tadris Fisika dan 5 Mahasiswa Tadris Biologi untuk mempersiapkan diri terjun ke lapangan. 

Maka dari itu, diadakan acara Launching KKN Tematik pada Rabu (02/02), pukul 08.00 WIB di halaman FTIK yang dihadiri oleh Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. H. Khairil Anwar, M. Ag, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M. Pd, Dekan FTIK, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M. Pd beserta jajarannya, Ketua LP2M, Ajahari, M.Ag, Ketua Jurusan Tarbiyah,  Sri Hidayati, M.A, Ketua Jurusan PMIPA, Dr. Atin Supriatin, M. Pd, Kaprodi PAI, Setria Utama Rizal, M. Pd, Kaprodi PBA, Dr. Marsiah, M. Pd, Kaprodi TBG Nanik Lestariningsih, M.Pd dan Kabag TU FTIK, Mulhimah, S. Ag, M. Pd, serta para dosen pembimbing KKN Tematik. 

Rektor IAIN Palangka Raya dalam sambutannya mengatakan, "Melakukan pengabdian dibarengi dengan penelitian akan mempersingkat waktu yang akan  kalian lalui. Selalu terapkan konsep 5S, senyum, salam, sapa, sopan dan santun di masyarakat, lalu jangan lupa bagi mahasiswa untuk menerapkan konsep 5C, character, critical thinking, communication, colaboration, creativity and inivatation."

Selain itu, Dekan FTIK menyampaikan disela sambutannya perihal KKN Tematik dan hendaknya kegiatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin. 

Launching perdana KKN Tematik ini juga berlangsung secara khidmat setelah melangsungkan proses panjang sejak pendaftaran, seleksi, dan kegiatan lainnya. 

Melansir dari Tempo.Co, KKN Tematik memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerja sama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan melalui keterlibatan mahasiswa.

Penempatan Mahasiswa KKN Tematik berada di tiga titik lokasi berbeda yaitu Desa Suka Mulya Kelurahan Tangkiling, Desa Sido Mulyo Kelurahan Tumbang Tahai dan Kelurahan Habaring Hurung. Desa Sido Mulyo dan Suka Mulya  diisi oleh mahasiswa Prodi PAI dan PBA dengan fokus pembinaan keagamaan dan literasi al Qur'an, sedangkan Desa Habaring Hurung terdiri dari mahasiswa Prodi TBG dan TFS dengan fokus pemanfaatan SDA.

KKN Tematik akan dilaksanakan selama 5 bulan 10 hari, terhitung sebagai satu semester yang akan diakui sebagai 20 SKS mata kuliah. 

KKN Tematik dalam Kampus Merdeka UM, akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat di luar kampus, dengan secara langsung berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi suatu desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa/daerah tersebut.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan membawa kebermanfaatan bagi seluruh Mahasiswa KKN Tematik dan masyarakat desa yang terlibat.  (End) 



Posting Komentar

1 Komentar