Kelompok Studi KTI di kalangan mahasiswa program studi pendidikan agama Islam hadir sebagai wadah mahasiswa untuk saling berdiskusi terkait pembuatan KTI yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang ada. Walaupun setiap perguruan tinggi memiliki perbedaan mengenai pengolahan KTI, namun tidak ada salahnya untuk membuat sebuah forum yang membahas tentang KTI.

Satria Nur Rizki, Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam memaparkan bahwa, "Kelompok Studi KTI adalah wadah bagi mahasiswa, khususnya Prodi PAI untuk lebih memahami KTI secara lebih mendalam. Karena KTI akan terus menerus terhubung dengan mahasiswa, entah dalam bentuk makalah, artikel jurnal, skripsi, tesis bahkan prosiding."

Sebenarnya, KTI sudah diperkenalkan sejak Sekolah Menengah Pertama dalam bentuk makalah. Namun, susunan KTI pada jenjang SMP masih sangat sederhana, terdiri dari Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Isi dengan berbagai ururtan yang berbeda-beda. Bahkan terdapat makalah yang dibuat dengan beragam model dan banner yang sebenarnya bukan dari ketentuan pembuatan makalah yang ada.

Karya Tulis Ilmiah adalah tulisan atau laporan yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Karya tulis ilmiah juga, biasa disebut sebagai tulisan akademis (academic writing) karena biasa ditulis oleh akademisi perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa. Bentuk tulisan ini tentunya juga memiliki tujuan dan manfaat. Sebagai mahasiswa Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah hal yang tidak asing lagi.

Kesalahan yang sering kali terjadi dalam pembuatan KTI biasanya terletak pada referensi yang tidak sesuai dengna standar yang ada. Misalnya penggunaan referensi dari sumber yang tidak jelas seperti blogspot, atau situs yang tidak menjamin informasi yang dikuti valid atau tidak.

Satria juga mendukung penuh langkah Kelompok Studi KTI yang akan melakukan pertemuan selama satu bulan sekali untuk terus berkontribusi dalam hal menulis di kalangan mahasiswa Prodi PAI.