About Me

Kegiatan Ma’had Al -jamiah IAIN Palangka Raya bentuk kemandirian mahasiswa.



Mendidik generasi muda menjadi pribadi yang cerdas dan alim (berilmu) adalah satu hal, sedangkan mempersiapkan mereka untuk dapat berkontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat adalah hal yang lain.Tingkat keilmuan tidak menjamin seseorang secara otomatis bisa memberikan dampak pada lingkungan sosialnya. Kolaborasi ini bukan saja melahirkan mahasiswa yang berwawasan luas, tapi juga siap terjun di tengah masyarakat luas sebagai seorang mahasantri, entah sebagai tokoh agama, maupun informal dan formal leader . Dokumentasi Final test mahasantri rolling 1 , 12 Oktober 2023 .

Setiap mahasiswa iain semester I wajib 41 hari mahad al -Jamiah. Mereka akan mendapatkan pembinaan bahasa, kepemimpinan (leadership), penguatan ilmu-ilmu ke-Islam-an,dzikir,dan doa. Yang dilakukan dihalaman mahad al jamiah putri. 

Lebih lanjut, untuk mempertinggi adab dan akhlak, setiap malam dilakukan pembacaan doa secara bersama-sama, mendoakan para orang tua, para dosen dan keluarga besar IAIN, orang yang berjasa terhadap IAIN, dan keselamatan seluruh bangsa dan negara ini.

Mahasiswa tidak hanya hebat dalam teori saja, tapi teruji dalam pengabdian nyata. Mahasiswa secara simultan akan mendapat pembinaan karakter sehingga menjadi pribadi yang tangguh dan baik, sehingga di masa depan dapat tampil menjadi pemimpin yang bukan saja memiliki intelektualitas, namun juga mempunyai spiritualitas yang mendalam, serta mampu membangun networking (jaringan sosial) di berbagai kelas sosial di masyarakat.

“Saya berharap, setelah keluar nanti dari asrama bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun sedikit namun terus diterapkan akan lebih baik.”


Posting Komentar

0 Komentar