About Me

Pengambilan KTM oleh Mahasiswa PAI IAIN Palangka Raya Tahun 2023

 

Palangka Raya, IAIN Palangka Raya- KTM adalah singkatan dari “Kartu Tanda Mahasiswa”, yaitu kartu identitas yang menandakan sesorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi di suatu universitas atau perguruan tinggi. Tujuan diberikannya kartu tanda mahasiswa yaitu sebagai penanda bagi sesorang yang berstatus mahasiswa.

KTM IAIN Palangka Raya adalah kartu tanda mahasiswa yang dikeluarkan oleh institusi IAIN Palangka Raya. KTM versi terbaru yang dirilis pada tahun 2021 hingga saat ini dilengkapi kode QR di pojok kanan atas dan memiliki berbagai fungsi, termasuk untuk keperluan identifikasi.



KTM ini sebagai bukti bahwa kamu adalah mahasiswa aktif di perguruan tinggi tempatmu menempuh kuliah. Kartu yang dimiliki mahasiswa ini biasanya digunakan sebagai tanda pengenal ketika anda akan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik maupun non-akademik.

Biasanya kampus menerbitkan KTM secara resmi pada awal masa studi mahasiswa yang bersangkutan, dengan memuat identitas diri, identitas studi, NPM, dan nama kampus itu sendiri. Masa berlaku KTM sejak awal masa studi hingga berakhirnya studi mahasiswa yang menempuh pendidikan di IAIN Palangka Raya.

Mahasiswa Angkatan 2023 dapat mengambil KTM nya di mikwa institut IAIN Palangka Raya, mulai tanggal 20 s.d 27 Oktober 2023. Pada pukul 09.00 WIB s.d 16.00 WIB dan pada hari minggu mikwa institut tutup atau tidak ada pelayanan dikarenakan hari libur.


Secara garis besar Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) memiliki beberapa kegunaan, yaitu:

1. Kartu Identitas Mahasiswa

       KTM sebagai kartu identitas adalah kegunaan paling utama. Adanya KTM memudahkan perguruan tinggi dalam mengidentifikasi mahasiswanya. Apalagi jumlah mahasiswa di perguruan tinggi sangat banyak.

2. Metode Pembayaran (ATM atau E-Money)

Kegunaan lain dari KTM adalah sebagai alat pembayaran. Umumnya Kartu mahasiswa telah dirancang  sebagai alat pembayaran secara elektronik. Perguruan tinggi menggandeng bank untuk pembuatan kartu mahasiswa yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran sekaligus.

3. Jaminan Meminjam atau Menyewa Sarana dan Prasarana Kampus

Kegunaan ketiga yang telah dirangkum adalah KTM dapat digunakan untuk jaminan meminjam. Selain menggunakan KTP, kamu juga bisa menggunakan KTM bila ingin meminjam buku di perpustakaan baik perpustakaan kampus ataupun perpustakaan kota. Untuk kamu yang senang menyewa DVD/VCD, tanda pengenal mahasiswa ini bisa dipakai sebagai jaminan.



 IAIN Palangka Raya memuat beberapa ketentuan dalam KTM, yaitu:

1.      KTM ini diterbitkan oleh IAIN Palangka Raya sebagai bukti identitas mahasiswa.

2.      KTM ini hanya boleh dipergunakan oleh pemiliknya sebagaimana data yang tertera.

3.      Merusak, menghilangkan, atau menyalahgunakan KTM ini, baik oleh pemiliknya maupun pihak lain, dapat dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

4.      Barangsiapa yang menemukan KTM ini harap mengembalikannya ke bagian Akademik dan Kemahasiswaan.

Saat berada di mikwa institut, mahasiswa yang akan mengambil KTM diarahkan ke ruang Akademik dan Kemahasiswaan. Terkait pengambilan KTM akan di tangani oleh Bapak Aldi Pratama P, S.Kom dan Bapak Supriyadi S.Pd. Sebelum mengambil KTM mahasiswa diminta untuk menyebutkan NIM, setelah itu barulah KTM dapat diproses/ dicetak. Setelah KTM diterima, mahasiswa diwajibkan untuk tanda tangan diabsen yang sudah disediakan. Tanda tangan tersebut merupakan bukti bahwa yang bersangkutan sudah mengambil KTM miliknya

Dengan demikian, KTM ini sangat penting dan sangat diperlukan oleh seluruh mahasiswa selama masa perkuliahan. Oleh karena itu, mahasiswa dianjurkan untuk selalu membawa KTM saat berada diarea kampus dan mahasiswa juga diharapkan agar selalu menjaga KTM dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab agar tidak rusak dan hilang.


Posting Komentar

0 Komentar