About Me

Kunjungan Mahasiswa untuk Tes TEP/IKLA Pada Lab Bahasa IAIN Palangka Raya

Palangka Raya, IAIN Palangka Raya – Tes TEP (Test of English Proficiency) dan IKLA (Iktibar Kafa'ah Lughoh Al 'Arabiah) adalah tes standar untuk mengukur kemahiran berbahasa mahasiswa. Tes ini wajib diikuti bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan sidang skripsi. Tes ini berada di bawah pengawasan langsung dari staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya.

Tes TEP/IKLA dilaksanakan di lingkungan kampus IAIN Palangka Raya, lebih tepatnya di Laboratorium Bahasa Gedung UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya. Pelaksanaan tes ini di bagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 08:00 sd 11:00 WIB, sedangkan untuk sesi kedua dimulai pada pukul 13:00 sd 15:00 WIB sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh staf UPT Pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya.

Peserta tes wajib berhadir sesuai dengan jadwal yang ditentukan serta membawa persyaratan yang telah ditentukan. Setelah mengisi daftar hadir dan data lengkap pada komputer dan lembar jawaban, peserta mendengarkan pembacaan prosedur yang dibacakan oleh staf UPT pengembangan Bahasa IAIN Palangka Raya. Peserta menjawab soal-soal yang tertera pada komputer dan menuliskannya pada lembar jawab sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.


Bagi mahasiswa yang lulus dalam ujian Tes TEP/IKLA sesuai dengan standar nilai yang telah ditentukan maka akan mendapatkan sertifikat di mana sertifikat tersebut menjadi salah satu syarat wajib agar bisa mengikuti munaqosyah (Sidang Skripsi). Adapun skor minimal TEP bagi Tadris bahasa Inggris (TBI) dan IKLA bagi Pendidikan bahasa Arab (PBA) yakni 500, dan bagi semua program studi S1 (kecuali TBI dan PBA) yakni 426.

Dengan implementasi tes TEP/IKLA ini, diharapkan kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut agar lebih meningkatkan semangat mereka untuk memperbaiki kualitas berbahasa mereka, serta membuat penggunaan Laboratorium Bahasa di IAIN Palangka Raya menjadi lebih efektif dan efisien.


Posting Komentar

0 Komentar