About Me

Mahasantri IAIN Palangka Raya Melaksanakan Kegiatan Bersih- bersih di Mahad Al-Jami'ah

 

Salah satu mahasantri menyapu musolah Bagdad

Palangka Raya, Minggu(12/11/2023). Mahasantri Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melakukan kegiatan bersih-bersih di Mahad Al-Jami’ah. Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar melatih kedisiplinan para mahasantri untuk selalu menjaga kebersihan dan juga konsisten atas pekerjaan yang dilaksanakan.

Adapun kegiatan bersih-bersih ini dilakukan oleh mahasantri, baik dari mahasantri yang  bermuqim(1 tahun dimahad) dan yang mabit(41 hari dimahad).  Kegiatan ini dilaksanakan setiap  hari Minggu jam 07:00 sampai jam 08.00 wib, di mahad Al-Jami’ah. Kegiatan ini dimulai dari membersih kan wc, musolah, merapikan Al-Qur’an, menyapu lorong kamar dan teras depan. Bukan  itu saja, mereka juga membersihkan kamar masing-masing.  Salah satu mahasantri, Fajar menyatakan bahwasanya kegiatan ini bermanfaat bagi dirinya “ saya merasa kegiatan bersih-bersih ini mengajarkan kita untuk menjaga kebersihan disekitar kita, dan  kita juga diajarkan untuk mencintai lingkungan yang bersih. .” Ujarnya.


Saat salah mahasantri mengambil sampah dihalaman samping Al-Jami’ah

Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan oleh mahasantri bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu: pertama, buang sampah pada tempatnya. kedua, membuang genangan-genangan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang jentik-jentik nyamuk. 

Dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kebersihan, menanamkan kedisiplinan, mempunyai rasa tanggung jawab,  menumbuhkan rasa solidaritas di kalangan mahasantri, dan dapat membantu mengurangi dampak negatif lingkungan seperti banjir dan pencemaran lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan mahasantri. 


Posting Komentar

0 Komentar