About Me

KEGIATAN RUTIN BELAJAR MEMBACA Al-QUR’AN (BMQ) IAIN PALANGKARAYA

 

Kegiatan BMQ di selasar Gedung Bundar IAIN Palangkaraya

Palangkaraya (15/11/2023) – Mahasiswa IAIN Palangkaraya melaksanakan kegiatan (BMQ). BMQ adalah suatu bimbingan membaca Al-Qur’an yang merupakan salah satu syarat wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa IAIN Palangkaraya, Kegiatan rutin belajar membaca Al-qur’an ini merupakan salah satu rutinitas mahasiswa yang dilakukan setiap hari senin-jum’at setelah ba’da magrib dengan durasi 15-30 menit per sesi. Kegiatan ini berlangsung selama 16 kali pertemuan di Selasar Gedung Bundar Asmaul Husna IAIN Palangkaraya. BMQ ini terdiri dari 5 level, setelah pertemuan yang ke 16 akan diadakan Munaqosah atau ujian level akhir.


Kegiatan setalah ba’da magrib di Selasar Gedung Bundar Asmaul Husna

Kegiatan ini dibimbing oleh seorang pengajar atau tutor yang sudah bersertifikasi tilawati. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperbaiki bacaan Al-qur'an agar sesuai dengan tajwid serta makharijul huruf. Metode yang digunakan dalam membaca Al-quran yakni metode Tilawati. Cara membaca Al-quran dengan cepat, metode tilawati ini mengajarkan cara membaca Al-quran sesuai kaidah dan aturan yang benar sesuai syariah Islam. Menggunakan metode Tilawati dengan tiga teknik: (1) pengajar mencontohkan bacaan, (2) pengajar mencontohkan lalu murid menirukan, (3) baca bersama-sama. Metode ini memiliki kelebihan dalam kualitas waktu dan mutu, memungkinkan sasaran belajar 6 jilid metode tilawati tercapai dengan baik.


BMQ Bersama Tutor Alfi Bismillah 

setelah ba’da Magrib

Membaca dan mempelajari Al-Qur'an adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Al-qur'an merupakan kitab suci yang berisi firman-firman Allah untuk umat manusia, yang menjadi aturan dalam kehidupan. Oleh karena itu, diharapkan dengan diadakannya kegiatan BMQ ini membuat mahasiswa lebih semangat dalam membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan nada tilawati dan akan menjadi bekal untuk kehidupan selanjutnya. 

Posting Komentar

0 Komentar