About Me

MAHASISWA PAI IKUTI WORKSHOP METODE PENELITIAN





Palangka Raya - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya menggelar Workshop Metode Penelitian selama dua hari, 24-25 Mei 2024. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FTIK, Bapak Dr. Dakir, M.A., ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Workshop ini diikuti oleh 66 mahasiswa PAI yang akan mengikuti program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) - Asisten Mengajar dan Pengabdian Internasional di Thailand.  Para mahasiswa mendapatkan pembekalan tentang metode penelitian dan pengabdian yang berfokus pada publikasi ilmiah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan penelitian dan pengabdian yang berujung pada publikasi jurnal, baik nasional maupun internasional," ungkap Dekan FTIK, Dr. Dakir, M.A., saat membuka workshop.

 

Workshop ini menghadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya: Syarah Veniaty, M.Pd (Dosen UPR), Cindy Dwi Rohmah, M.Pd (Guru SMAN 2 Palangka Raya), Yuliani, S.Pd (Guru Hasanka Boarding School), dan Endah Mustika Pertiwi, S.Pd (Staf Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah).

Para narasumber membahas berbagai metode penelitian dan pengabdian, seperti:

  1. “Bagaimana melakukan penelitian dan pengabdian yang kemudian bisa dipublikasikan” yang dijelaskan oleh Syarah Veniaty, M.Pd.
  2. “Metode pengembangan pengabdian ABCD (Asset Based Communities Development)” yang disampaikan oleh Cindy Dwi Rohmah, M.Pd.
  3. “Pengabdian model PAR (Partisipation Action Reseach)” yang dibawakan oleh Yuliani, S.Pd.
  4.  “Metode pengabdian berbasis Service Learning” yang disajikan oleh Endah Mustika Pertiwi, S.Pd.

Demi kelancaran acara, beberapa perwakilan dari HMPS PAI diantaranya: Mahrini, Elvira Adyaputri, Melanie Putri, dan Ahmad Faujianor ditunjuk sebagai panitia pelaksana dan berperan aktif dalam membantu jalannya Workshop Metode Penelitian. Acara ini tentunya sangat bermanfaat, sebagaimana yang diungkapkan oleh Savira Dwi Kurnia sebagai salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut. Savira mengungkapkan bahwa ia jadi lebih tau metode-metode apa saja yang cocok untuk ia ambil nanti dalam membuat artikel pengabdian.

Posting Komentar

0 Komentar