Profil Lulusan Program Studi PAI

1

Nama Program Studi

Pendidikan Agama Islam (PAI)

2

Jurusan

Tarbiyah

3

Profesi Utama

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah PENDIDIK mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SEKOLAH/MADRASAH (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

4

Profesi Tambahan A

Peneliti Bidang Pendidikan

5

Profesi Tambahan B

Pengelola lembaga pendidikan Islam

6

Kompetensi Lulusan Utama

1.    Memiliki Keahlian sebagai guru agama Islam pada sekolah dasar dan menengah

2.    Mampu mendesain dan melaksanakan pembelajaran ilmu agama Islam di sekolah dasar dan menengah secara professional

3.    Menguasai ilmu teknologi pembelajaran pendidikan agama islam

4.    Menguasai metodologi penelitian pendidikan agama islam

5.    Menguasai evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam

6.    Menguasai administrasi kependidikan agama islam

7.    Memilki keperibadian yang baik

8.    Memiliki jiwa sosial terhadap sesama manusia, alam, dan lingkungan sekitarnya.

7

Kompetensi Lulusan Tambahan A

1.      Memiliki Kecakapan dalam mendesain penelitian pendidikan;

2.      Terampil menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran

3.      Menguasai bahasa arab dan bahasa inggris

4.      Mampu berwirausaha 

5.      Mampu membimbing konseling di sekolah/madarasah

6.      Terampil membaca Al-Qur’an dan beribadah secara baik dan benar

8

Kompetensi Lulusan Tambahan B

1.      Mampu mengelola lembaga pendidikan Islam

2.      Menguasai cara mengajarkan Al-Qur’an pada peserta didik

3.      Menguasai teknik dan media pembelajaran

4.      Menguasai pengelolaan kelas

9

Indikator Kompetensi Utama

1.    Mampu menjalankan tugas sebagai guru agama Islam pada sekolah dasar dan menengah

2.    Mampu mendesain dan melaksanakan pembelajaran ilmu agama Islam di sekolah dasar dan menengah secara professional

3.    Mampu menerapkan teknologi pembelajaran dalam pendidikan agama islam

4.    Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian pendidikan agama islam

5.    Mampu mengevaluasi pembelajaran pendidikan agama islam

6.    Mampu melaksanakan administrasi kependidikan agama islam

7.    Berkepribadian yang baik

8.    Mampu menunjukkan jiwa sosial terhadap sesama manusia, alam, dan lingkungan sekitarnya.

10

Indikator Kompetensi Tambahan A

1.   Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian pendidikan;

2.   Mampu menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran

3.   Mampr berbahasa arab dan bahasa inggris

4.   Mampu berwirausaha 

5.   Mampu membimbing konseling di sekolah/madarasah

6.   Mampu membaca Al-Qur’an dan beribadah secara baik dan benar

11

Indikator Kompetensi Tambahan B

1.   Mampu mengelola lembaga pendidikan Islam

2.   Mampu mengajarkan Al-Qur’an pada peserta didik

3.   Mampu menerapkan teknik dan media pembelajaran dengan tepat

4.   Mampu mengelola kelas

12

Gelar Akademik

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)