About Me

Perisai Utama Ditengah Wabah Covid-19

Sumber: AMARI Covid-19


Penerapan 5M yaitu, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, mematuhi protokol kesehatan dan senantiasa memakai masker menjadi langkah utama pencegahan penyebaran Covid-19.

Virus yang terus bermutasi ini dapat tertular dengan sangat mudah, maka selain menerapkan 5M tenaga medis dan pihak kesehatan juga menganjurkan masyarakat untuk senantiasa melaksanakan pola hidup sehat serta rutin berjemur sekitar pukul 09.30-13.00 WIB.

Penggunaan masker juga dianggap sangat penting sebagai perisai utama pencegahan virus ini. Masker masih menjadi barang wajib yang patut digunakan saat bepergian, terlebih lagi apabila berada dikeramaian.

Sumber: Bobo.id

Masker seolah menggeser kebutuhan primer manusia selama pandemi Covid-19. Di beberapa kesempatan masker sempat mengalami kelangkaan, harga jual yang tinggi, dan mendapat sorotan karena dinobatkan sebagai penyumbang sampah terbesar pada tahun 2020 lalu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control/CDC) Amerika Serikat dan WHO (World Health Organization) telah merekomendasikan pemakaian masker kain bagi masyarakat umum, hal ini diikuti oleh berbagai negara termasuk Indonesia. 

Pemakaian masker dinilai efektif mengurangi penyebaran virus corona di beberapa negara Asia. Terlepas dari hal tersebut, upaya disiplin pakai masker telah menjadi kampanye dunia yang disepakati.

Posting Komentar

3 Komentar