About Me

Mahasiswa KKN Tematik Sampaikan Program Kerja

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan keilmuan dan sektoral pada rentang waktu selama 1-2 bulan lamanya. Biasanya KKN akan dilaksanakan pada area pedesaan.

KKN tematik adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah wilayah tertentu (Kabupaten/Kota).

Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya, yang terdiri dari 15 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, 5 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab, 5 mahasiswa Prodi Tadris Biologi, dan 5 mahasiswa Tadris Fisika akan mengikuti KKN Tematik selama 1 semester dan diakui dengan 20 sks sejak (03/02)-(15/06). 

Adapun penempatan Mahasiswa KKN Tematik yaitu di Desa Suka Mulya Kelurahan Tangkiling, Desa Sido Mulyo Kelurahan Tumbang Tahai dan Kelurahan Habaring Hurung. Setiap kelompok KKN Tematik memiliki fokus program kerja yang berbeda. 

Desa Sido Mulyo dan Suka Mulya  diisi oleh mahasiswa Prodi PAI dan PBA dengan fokus pembinaan keagamaan dan literasi al Qur'an, sedangkan Desa Habaring Hurung terdiri dari mahasiswa Prodi TBG dan TFS dengan fokus pemanfaatan SDA.



Seluruh kelompok KKN Tematik pada Jum'at, (28/01) melakukan presentasi program kerja di Lab Microteaching. Pada penyampaian ini, berhadir para dosen pembimbing, Dr. Hj. Muslimah, S.Ag, M.Pd.I, Ajahari, M.Ag., Dr. Hj. Hamidah, M.Ag., Dr. Marsiah, MA., Dr. Atin Supriatin, M.Pd., dan Dr. Nor Hujjatusnaini, M.Pd.


"Tentu cara berkomunikasi dan image diri sebagai seorang mahasiswa di daerah lain harus senantiasa di jaga dengan baik. Hendaknya tetap menghormati budaya, cara berkomunikasi dan kebiasaan masyarakat setempat. Kurang lebih seperti itu pesan dari para dosen pembimbing" Ungkap Muhamamd Yusuf (Angkatan 2019), selaku mahasiswa Prodi PAI yang terlibat dalam KKN Tematik.

Posting Komentar

2 Komentar