About Me

HMPS PAI Gelar Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

 

Palangka Raya, (28/09/2024) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) IAIN Palangka Raya menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Selasar Gedung Bundar pada tanggal 28 September 2024. Acara ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan mengangkat tema "Meneladani Kepemimpinan Rasulullah dalam Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi".

Acara dimulai dengan pembacaan Habsyi dan dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Teguh Almadani dan Sari Tilawah  oleh Hilya Izzatillah. Selanjutnya sambutan dari Kaprodi yang diwakili oleh Surawan, M.S.I. dan Ceramah agama yang disampaikan oleh H. Ajahari, M.Ag. Dalam sambutannya, Surawan, M.S.I. mengatakan bahwa harapannya mahasiswa PAI bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya baik dalam berperilaku, bertutur kata, maupun yang paling penting adalah bermedia sosial. Selain itu, H. Ajahari dalam ceramahnya menyampaikan bahwa kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya harus diwujudkan dengan meneladani sifat dan kepemimpinan Rasulullah SAW, sebagaimana dijelaskan dalam Ali Imran ayat 31. Selain itu, dalam Al-Ahzab ayat 21, Rasulullah disebut sebagai teladan yang sempurna dalam memimpin dengan penuh kejujuran. Beliau menekankan pentingnya menjaga integritas dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Yundhini dan Detty Andani Perwakilan dari mahasiswa PAI memberikan pesan dan kesannya, dalam acara Maulid yang diselenggarakan oleh HMPS PAI ini sangat berkesan dan penuh makna juga merasa senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang mengangkat nilai-nilai keagamaan dan kebersamaan tersebut. Ia menyatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW membuatnya merasa semakin dekat dengan nilai-nilai keislamannya dan akan berusaha mengamalkan ajaran serta sunnah Nabi Muhammad SAW, memperbanyak shalawat, juga menjadi pribadi yang lebih baik sesuai tuntunan beliau. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini dan berharap agar acara seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya agar menjadi inspirasi bagi semua orang untuk meneladani sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW. HMPS PAI berharap, melalui acara ini, mahasiswa dapat lebih memahami dan mengaplikasikan ajaran Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan mereka, serta menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.







Posting Komentar

0 Komentar